31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKULINERCobain Apang, Kue...

Cobain Apang, Kue Apem Khas Bugis Makasar yang Miliki Perpaduan Rasa Manis dan Gurih

BETANEWS.ID, KUDUS – Bagi yang kangen ingin mencicipi kue khas Bugis , yakni Kue Apang atau Kue Apem, kini tak perlu jauh-jauh harus ke Makasar. Kue tradisional ini, kini juga bisa didapatkan di tepi Jalan Pangeran Puger, Kelurahan Demaan, Kecamatan Kota/Kudus, tepatnya di depan Masjid Demaan.

Kue Apang ini memiliki tampilan berwarna coklat dengan bentuk segitiga. Kue ini dimasak dengan cara dikukus yang menghasilkan tekstur lembut. Selain itu, kue ini memiliki rasa dan aroma khas dari rempah-rempah yang dicampur pada adonan kue.

Ziyad Hilmi, penjual Kue Apang Bugis menuturkan, sudah satu setengah bulan berjualan kue khas Suku Bugis Makassar tersebut. Sejak dibuka hingga kini, ia mengaku lapaknya itu tak pernah sepi pembeli. Setiap harinya ia bisa menjual hingga puluhan porsi kue Apang.

Tampak dua orang sedang membeli Kue Apang yang dijual oleh Hilmi. Foto: Erna Safitri.
- Ads Banner -

Baca juga: Tak Kapok Rintis Usaha Kuliner Meski Pernah Gagal, Hilmi Kini Temukan Hoki dengan Jualan Kue Apang

“Jualan kue Apang sejak awal Oktober kemarin, kebetulan di sini belum ada yang jualan makanan tradisional dari Bugis. Kue ini teksturnya hampir mirip dengan apem, tetapi dikukus jadi lebih lembut. Rasanya manis dan aroma rempahnya kuat,” katanya, Minggu (20/11/2022).

Hilmi, sapaan akrabnya menyebut, untuk adonan Kue Apang dibuat olehnya sendiri yang disesuaikan dengan selera masyarakat Kudus. Bahan yang digunakan yaitu, tepung terigu, tepung beras, kapulaga, kayu manis, dan gula aren. Lalu untuk air kelapa diganti olehnya dengan santan agar rasanya lebih gurih.

“Ini pakai gula aren asli, jadi aman untuk riwayat diabetes. Apalagi makanan ini memang untuk camilan orang tua. Sedangkan air kelapa juga saya ganti dengan santan agar gurih,” sambungnya.

Kue Apang ini dikemas oleh Hilmi menggunakan mika berwarna putih yang berisi 5 biji kue per porsinya. Dalam penyajiannya, Kue Apang diberi taburan kelapa parut yang dikukus. Untuk harganya satu porsi Kue Apang dibandrol dengan harga Rp10 ribu dan Rp2 ribu per biji.

“Harganya terjangkau, Rp 10 ribu dapat lima Kue Apang. Untuk kelapa parutnya ini menggunakan kelapa tua yang dikukus terlebih dahulu,” bebernya.

Baca juga: Wingko Menoro yang Dijual Anget-Anget Ini Tawarkan Sensasi Lembut Sejak Gigitan Pertama

Menurut Hilmi, kebanyakan pelanggan yang datang tidak hanya orang tua saja, melainkan dari semua kalangan usia. Setiap hari, Hilmi bisa menghabiskan 7-10 Kg adonan Kue Apang atau sekitar 40-50 porsi.

“Paling ramai Jumat-Minggu, kalau ramai bisa 50 porsi lebih atau sekitar 10 kg. Kalau hari biasa rata-rata 200 biji kue Apang atau 40 porsi. Kadang juga ada yang ngambil untuk dijual lagi,” tuturnya.

Hilmi juga menerima pesanan Kue Apang untuk acara pengajian, arisan dan acara lainnya. Lalu jika ingin menikmati Kue Apang ini, lapak Kue Apang Bugis buka mulai hari Selasa hingga Minggu pukul 06.00-11.00 WIB atau sampai habis.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler