31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaJATENGWarga Terdampak Banjir...

Warga Terdampak Banjir Cilacap Rata-Rata Keluhkan Diare, Gatal-Gatal, dan Batuk-Pilek

BETANEWS.ID, CILACAP – Banjir di Kabupaten Cilacap mulai surut. Hingga hari ini, Rabu (12/10/2022) terpantau permukaan air banjir menurun dibanding hari sebelumnya. Warga memanfaatkan kondisi surutnya air tersebut dengan beraktivitas, seperti membersihkan rumah dan juga berobat ke posko kesehatan.

Data BPBD Cilacap, ada 42 tempat pemeriksaan kesehatan yang tersebar di 42 desa di 14 kecamatan siap menerima keluhan kesehatan warga. Salah satunya di Dusun Binangun Baru, Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari.

Beberapa warga mendatangi posko kesehatan yang tersebar di berbagai desa di Cilacap. Foto: Ist

Kepala UPT BPBD Sidareja Agus Sudaryanto menurutkan, data banjir wilayah UPT Sidareja per 12 Oktober 2022 menyisakan dua kecamatan yaitu Bantarsari di Desa Rawajaya Dusun Gayamsari, Binangun di Dusun Binangun Baru sekitar 30 cm. Di Kecamatan Patimuan di Desa Bulupayung di Dusun Sekarmayang, Dusun Kalenaren, dan Dusun Bulupayung sekitar 35 cm.

- Ads Banner -

Baca juga: Banjir yang Rendam 15 Kecamatan di Cilacap Mulai Surut

“Banjir yang semula 60 cm, sekarang 30-40 cm. Alhamdulillah,” kata Agus ditemui saat memantau kondisi banjir di Dusun Binangun Baru.

Menurutnya, warga di dusun itu telah melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk memanfaatkan waktu untuk memeriksa kesehatan.

“Masalah kesehatan, kami sudah koordinasi dengan tim kesehatan. Alhamdulillah, begitu ada ini (tim kesehatan), yang ketiga kali,” ucapnya.

Namun, mengingat luasnya wilayah tanggung jawabnya, maka tim kesehatan belum maksimal menjangkau. Terlebih, terbatasnya tim kesehatan yang ada karena hanya ada dua tim yang turun ke lapangan hari ini.

“Kami fokusnya kepada jiwa manusianya. Jangan sampai terjadi korban. SOP kan seperti itu,” ujarnya.

Petugas kesehatan Desa Binangun, Nanda Eprilliya mengatakan, pihaknya terus bersiaga di lokasi banjir sejak hari pertama sampai sekarang.

“Hari ini dua tim kita. Satu tim di RT 4 sama 5. Kita berdelapan orang hari ini,” katanya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Diperkirakan Masih Terjadi Beberapa Hari ke Depan, Warga Cilacap Diminta Waspada

Dia memeriksa kesehatan korban banjir seperti keluhan pegal, diare, gatal, dan batuk-pilek. Mereka rata-rata berusia di atas 50 tahun atau masuk lansia.

“Antusiasmenya banyak. Kita berusaha mengcover mereka di bidang kesehatannya,” tuturnya yang juga bidan desa setempat.

Ketua RT 02 RW 11 Dusun Binangun Baru Abdul Kacan mengatakan, hari ini banjir memang sudah surut. Warga memanfaatkan untuk berobat karena sakit yang dialaminya selama banjir.

“Pusing-pusing, perutnya pada sakit. Itu aja.  Dokter juga sudah ke sini kemarin,” katanya.

Sejak hari pertama warga melakukan pemeriksaan kesehatan tidak sedikit yang sudah sembuh. Dia menilai, peran tim kesehatan dari pemerintah sangat berguna.

Alhamdulillah sejak diobati, sudah pada sembuh,” ucapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler