31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaSENIRayakan HUT ke-25,...

Rayakan HUT ke-25, Teater Satoes Gelar Pameran Dokumentasi Perjalanan Kebersamaan

BETANEWS, KUDUS – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25, Teater Satoe Toeboeh Satoe Roeh (Satoesh) IAIN Kudus mengadakan serangkaian acara dokumentasi perjalanan kebersamaan. Pada acara pembukaan, Teater Satoesh menggelar pameran karya-karya dari anak sanggar.

Ketua Media Nophal Baihaqi mengatakan, perayaan ulang tahun Teater Satoesh mengambil tema ‘Bergerak Serentak Menapak Jejak’. Usia teater yang menginjak seperempat abad itu, mencoba menampilkan jejak perjalanan dari awal berdirinya Teater Satoesh tahun 1997 hingga sekarang.

Salah seorang pengunjung sedang melihat pameran yang digelar dalam rangka HUT Teater Satoesh. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Usung Judul ‘Jeritan-jeritan Kebisuan’, Teater Tigakoma Angkat Isu Kesehatan Mental

- Ads Banner -

“Dokumentasikan. Ketika kita ingin mencari sejarahnya dulu kita seperti apa, itu sulit. Nah ini sebagai langkah Teater Satoesh membuat benang merah, oh dulunya seperti ini, nanti bisa tercatat,” kata pria yang akrab disapa Beha itu pada betanews.id, Selasa (11/10/2022).

Adapun berapa gambaran kisah Teater Satoesh, ditampilkan dalam bentuk karya-karya yang dipajang dalam pameran. Di antaranya, lukisan, miniatur, instalasi dan perfomance art. Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjut Beha, pameran ini dikemas layaknya musuem art yang memiliki pemandu untuk menjelaskan karya.

“Dulu itu karya teman-teman hanya sekadar dipajang sih, tanpa nanti ada penjelasan-penjelasan. Sekarang kita mencoba mengemas lain, kita dokumentasikan perjalanan Teater Satoesh dalam pameran,” imbuhnya.

Tidak hanya pameran lukisan, Beha menerangkan, pada puncak acara nanti akan ada pertunjukan pentas seni dan musik. Beberapa teater dari luar Kudus, seperti Semarang dan Madura akan ikut berkolaborasi.

“Serangkaian acara ini kita ada pameran selama lima hari. Nanti di puncak acaranya ada panggung teater dan pesta musikan juga,” ucapnya.

Acara perayaan HUT Teater Satoesh diselenggarakan mulai dari 11-15 November. Pengunjung dapat menyaksikan beberapa karya seni dan pertunjukan teater secara gratis di Gedung PKM IAIN Kudus Jalan Conge Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

Baca juga: Suarakan Hal Tabu dalam Masyarakat Lewat Pentas Teater Cantik itu Luka

“Untuk acara kita, dibuka untuk umum mulai tanggal 11-15 November. Gratis tidak dipungut biaya, karena ini hari ulang tahun Teater Satoesh,” ujarnya.

Ia berharap, acara perayaan ulanga tahun Tetaer Satoesh bisa diselenggarakan lebih meriah. Tidak hanya sekadar pementasan saja, melainkan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Kita kan sedang mencoba menciptakan kemasan-kemasan baru dan belajar pengalaman yang pernah terjadi, Harapannya, nanti ke depan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam pementasan drama,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

1 KOMENTAR

  1. Teater kadang kadang ngangeni, dengan segudang kesibukan kadang kadang aku melamun dulu saat jadi mahasiswa senang main teater, pengalaman jadi tenaga pengajar pernah di tugasi menjadi pembina UKM Teater, orang banyak menjauh dari teater, karena mereka hanya melehat penampilan luar, memang dunia ini sudah terlancur bertopeng, maka mudah tettipu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler