31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSPATIPolda Jateng Ungkap...

Polda Jateng Ungkap 23 Kasus Penambangan Ilegal

BETANEWS.ID, PATI – Selama periode Januari hingga pertengahan Oktober 2022, Satgas Puser Bumi Polda Jateng dan jajarannya berhasil mengungkap 23 kasus penambangan illegal atau illegal mining. Dari jumlah kasus tersebut, polisi mengamankan 22 orang tersangka.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, dalam kasus illegal mining tersebut, pihaknya jjuga menyita 70 barang bukti berupa 26 ekskavator, 1 loader, 43 truk serta uang tunai Rp 36 juta.

“Adapun estimasi kerugian Negara yang terjadi mencapai Rp 7.222. 028.860,” tegas Kapolda saat konferensi pers di Lapangan Apel Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimobda Jateng di Pati pada Kamis (13/10/2022).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan konferensi pers terkait kasus penambangan ilegal. Foto: Ist.
- Ads Banner -

Baca juga: Sebut Banyak Pengusaha Tambang Ilegal Punya Backingan, Ganjar: ‘Ayolah Tobat Bareng’

Menurutnya, dari 23 kasus itu, terbanyak diungkap Ditreskrimsus sejumlah 5 kasus, Polres Pati 4 kasus, Polres Magelang 4 kasus dan Polres Klaten 3 kasus. Kemudian polres-polres lain rata-rata satu kasus. Adapun motif para pelaku melakukan illegal mining adalah untuk mencari keuntungan pribadi.

Kapolda menyebut, illegal mining dilakukan dengan sejumlah modus, di antaranya melakukan penambangan tidak pada titik koordinat yang diizinkan, melakukan penambangan tanpa izin dan melakukan penataan lahan, namun melakukan penambangan ilegal.

“Ada juga yang izinnya masih dalam tahap eksplorasi, namun melaksanakan tahap operasi produksi,” ungkapnya.

Para pelaku dijerat dengan pasal 158 dan pasal 160 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 100 miliar.

Kapolda menegaskan, pihaknya berkomitmen menindak tegas illegal mining tanpa pandang bulu. Setiap pelaku akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Namun, penindakan saja tidak cukup untuk memberantas aksi illegal mining di Jawa Tengah.

Sejumlah upaya dilakukan Polda Jateng, di antaranya melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk bersama-sama mengawasi pertambangan yang berizin dan pertambangan yang tidak berizin. Selain itu juga dilakukan upaya preventif dengan mengimbau masyarakat, khususnya pelaku usaha untuk berpartisipasi dengan melengkapi seluruh perizinan usaha.

Baca juga: Hormati Warga Wadas yang Masih Menolak, Ganjar Siap Buka Dialog Bersama Komnas HAM

Pelestarian lngkungan hidup, tambah Kapolda, menjadi atensi semua pihak termasuk Presiden dan DPR RI. Di bidang penegakan hukum, Kapolri sudah menginstruksikan jajaran untuk melakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Pelestarian lingkungan itu penting untuk generasi mendatang. Bila dibiarkan, penambangan illegal dapat membawa dampak kerusakan lingkungan yang luar biasa dan mengancam masa depan bangsa,” terangnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler