31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSPKB Usulkan KHR...

PKB Usulkan KHR Asnawi Sebagai Pahlawan Nasional

BETANEWS.ID, KUDUS – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusulkan Kiai Haji Raden (KHR) Asnawi sebagai pahlawan Nasional. Salah satu penggagas berdirinya Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) itu dianggap pantas mendapatkan gelar pahlawan Nasional karena jasanya bagi bangsa dan negara di masa penjajahan Belanda dulu.

Hal itu diungkap oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Kudus, Mukhasiron saat berkunjung ke rumah cicit KHR Asnawi yakni KH Muhammad Hafid Asnawi. Mukhasiron menyampaikan, kunjungannya itu dalam rangka berdiskusi dan meminta izin kepada pihak keluarga untuk memperjuangkan KHR Asnawi sebagai pahlawan Nasional.

Pengurus DPC PKB Kudus saat berkunjung ke kediaman keluarga KHR Asnawi. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Profil KHR Asnawi, Kecilnya Bandel, Disabda Kakek Buyut Jadi Kiai Alim (1)

- Ads Banner -

Menurutnya, usulan KHR Asnawi jadi pahlawan Nasional diinisiasi oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Muhaimin. Sebagai salah satu cucu pendiri NU, Gus Muhaimin Ingin semua tokoh ulama yang terlibat dalam proses pendirian NU bisa dianugerahi gelar pahlawan Nasional.

“Pengusulan gelar pahlawan Nasional untuk Mbah Asnawi akan difasilitasi oleh PKB, PCNU. PBNU, tentunya nanti juga akan mensuport penuh,” ungkapnya.

Dia mengungkap, alasan PKB mengusulkan KHR Asnawi sebagai pahlawan Nasional karena jasanya yang sangat besar untuk negara dan agama. Menurutnya, KHR Asnawi tidak hanya tokoh lokal, tapi merupakan tokoh Nasional.

“Bahkan beliau adalah seorang pendiri jam’iyah terbesar di dunia, yakni Jami’yah Nahdlatul Ulama (NU). Beliau ini terlibat dalam mempertahankan Nusantara dari penjajahan Belanda. Serta, sebagai tokoh moderat, beliau bisa mengayomi semua masyarakat dengan beragam agama. Atas jasa-jasa beliau, sehingga memang sepatutnya jika Mbah Asnawi kita perjuangkan untuk jadi pahlawan Nasional,” bebernya.

Baca juga: 25 Tahun Hidup di Mekah, KHR Asnawi Pimpin Sarekat Islam dan Lawan Wahabi (2)

Ia pun menyadari, untuk memperjuangkan KHR Asnawi menjadi pahlawan Nasional tidak mudah. Dengan dukungan penuh dari pihak keluarga KHR Asnawi, sehingga nanti langkah yang dilakukan melalui penyelanggaraan seminar-seminar.

“Setelah melalui berbagai seminar, nanti akan diajukan ke Bupati Kudus. Mudah-mudahan tahapannya bisa dilaksanakan sesuai harapan kita bersama. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Mbah Asnawi bisa jadi pahlawan Nasional, sesuai harapan masyarakat Kudus, pada umumnya masyarakat Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan keluarga KHR Asnawi yakni KH Muhammad Hafid Asnawi sangat mendukung dan mengapresiasi atas usulan dari PKB untuk menjadikan KHR Asnawi sebagai pahlawan Nasional. Ia pun sangat berterima kasih kepada Ketua PKB yakni Muhaimin Iskandar yang punya inisiasi tersebut.

“Kami atas nama keluarga mengucapkan terima kasih kepada PKB, terutama ketua umumnya yang ingin menjadikan Mbah Asnawi sebagai salah satu pahlawan Nasional. Kami keluarga sangat mendukung ide tersebut,” ujar pria yang juga cicit dari KHR Asnawi.

Baca juga: KHR Asnawi, Pendiri NU yang Nasabnya Sambung ke Gus Baha (4)

Dia berharap, agar prosesnya nanti diberi kelancaran.Dengan penganugerahaan gelar pahlawan kepada KHR Asnawi, diharapkan generasi muda bisa makin mengetahui sejarah atau kiprahnya dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

“Menurut kami sudah selayaknya Mbah Asnawi termasuk yang mendapat gelar pahlawan Nasional. Jadi intinya kami mendukung, kami mengapresiasi atas usulan dari PKB untuk menjadikan Mbah Asnawi sebagai pahlawan Nasional,” ungkapnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler