31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaSOLOBOYOLALIKunjungi Sanggar Budaya...

Kunjungi Sanggar Budaya SKWL Nusantara, Ganjar Terkagum-Kagum Melihat Anak-Anak Belajar Seni

BETANEWS.ID, BOYOLALI – Kelincahan anak-anak usia sekolah dasar dan taman kanak-kanak di Sanggar Budaya SKWL Nusantara di Desa Grinting, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak henti berdecak kagum. Mulai pengrawit, sinden, hingga dalang cilik di sanggar itu terlihat sangat lihai memainkan alat, wayang, dan melantunkan tembang.

“Bayangin, dari TK sampai SD, mereka bisa memainkan instrumen gamelan, dan anda lihat, yang kita dengarkan di belakang ini mereka mainnya tanpa partitur. Artinya keterampilan sudah bagus dan mereka menunjukkan kemampuannya di depan saya,” kata Ganjar Pranowo, Rabu (19/10/2022).

Ganjar saat melihat anak-anak berlatih seni di Sanggar Budaya SKWL Nusantara. Foto: Ist

Menurut Ganjar, keberadaan Sanggar Budaya SKWL Nusantara menjadi ruang yang bagus untuk upaya pelestarian dan pengembangan budaya. Apalagi sanggar yang dikelola oleh Ki Gondo Wartoyo itu mengajari anak-anak dari TK-SD untuk berlatih dan belajar budaya Jawa, khususnya karawitan, pedalangan, dan tembang.

- Ads Banner -

Baca juga: Minta Warga Ikut Bantu Perkuat Ekonomi Lokal, Ganjar: ‘Pikniknya di Indonesia Saja’

“Menarik kan, ini ada sanggar cukup sederhana terus kemudian membuka ruang kepada anak-anak kita untuk bisa berlatih berkesenian. Tidak hanya nguri-uri tetapi juga memperkenalkan karena ini anak-anak yang sangat muda ya,” ujarnya.

Melihat apa yang dilakukan oleh Ki Gondo Wartoyo di Boyolali, Ganjar memiliki harapan besar tentang keberlanjutan masa depan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan. Sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa dahulu.

“Ada harapan besar dari kita bahwa Indonesia yang punya kepribadian dalam kebudayaan yang adiluhung itu terus saja diberikan kepada generasi-generasi berikutnya agar mereka bisa memainkan, mereka bangga. Kemudian mereka bisa kembangkan itu sehingga kita akan punya negara dengan kebudayaan yang tinggi. Tidak hanya melestarikan, tapi mengembangkan,” ungkapnya.

Ki Gondo Wartoyo mengatakan, Sanggar SKWL merupakan singkatan dari Sedulur Keluarga Wartoyo Lovers. Sanggar itu ia dirikan untuk memberikan pengenalan dan pelatihan kesenian secara rutin. Hampir setiap hari sanggar selalu tampak sibuk dengan kegiatan anak-anak yang berlatih.

Baca juga: Biar Semakin Keren, Ganjar Usul Bangunan di Kampung Wisata Batik Kauman Solo Dicat Motif Batik

“Acara rutin setiap hari, hari Senin sampai Sabtu, liburnya hari Jumat. Jadi dari anak TK sampai sekolah menengah pertama juga ada. Dari karawitan, dalang, atau reog. Segala kesenian di sini dan kita gratiskan tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Terkait peralatan karawitan yang ada di sanggarnya merupakan milik sendiri. Alat berupa perangkat gamelan juga sering dipinjamkan secara gratis ketika ada yang ingin memakai. Ia juga membuka ruang bagi seluruh sekolah yang ada di sekitar sanggarnya bahkan se-Jawa Tengah untuk belajar atau meminjam alat di sanggarnya.

“Setiap sekolah tadi juga saya maturkan ke kepala dinas provinsi kalau ada temen-temen yang mau dan pengin berlatih pakai gamelan kita di sini support gratis kita antar sampai lokasi gratis. Semoga seni dan budaya tetap selalu berkembang, apa itu karawitan terutama adik-adik dan untuk masa depan anak-anak biar cinta dengan budaya kita, gamelan, wayang reog dan seterusnya,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler