31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Menderita Demensia Berat, Satu Jemaah Calon Haji Asal Demak Dipulangkan

BETANEWS.ID, SOLO – Satu jemaah calon haji dari kelompok terbang (kloter) 7 asal Kabupaten Demak tidak dapat terbang ke Tanah Suci karena mengalami demensia akut. Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PPHI Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi kepada Betanews.id, Jumat (26/5/2023).

“Sampai dengan saat ini kita sudah menunda keberangkatan satu calon jemaah haji asal kloter 7 dari Kabupaten Demak. Hasil observasi dari tim kesehatan, mengalami demensia akut,” ungkap Gentur.

Humas PPHI Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi. Foto: Ist

Dengan demikian, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kemudian mengirimkan surat keterangkan kepada Kemenag terkait pemulangan calon jemaah ini.

Baca juga: Satu Jemaah Haji Asal Demak Meninggal Dunia di Madinah Setelah Kena Serangan Jantung

“Surat yang menyatakan bahwa jemaah calon haji atas nama Rumisih Salidin Kanafi (76) jenis kelamin perempuan, asal kloter 7 SOC dinyatakan tidak layak terbang dikarenakan menderita demensia berat,” kata dia.

Gentur mengungkapkan, yang bersangkutan telah dijemput petugas daerah Kabupaten Demak pada Kamis (25/5/2023) siang.

Karena terkendala penyakit tersebut, jemaah tersebut terpaksa belum bisa berangkat bersama kloternya. Namun, Gentur mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jemaah tersebut bisa saja berangkat tahun ini, tapi akan menunggu arahan dari tim medis.

“Nah ini yang menyebabkan beliau sementara ditunda berangkat. Jadi dari kesehatan nanti berupaya, kalau memang bisa diusahakan untuk sembuh ya nanti bisa didampingi,” kata dia.

“Kalau untuk calon haji yang dirawat sampai saat ini ada 2 yang dirujuk ke RS Dr Moewardi Solo dari kloter 7 asal kabupaten Demak,” tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh jemaah calon haji untuk mempersiapkan stamina ketika hendak berangkat. Sebab, saat ini cuaca di Arab Saudi tengah panas. Apalagi, pada ibadah haji kali ini jemaah asal Tanah Air didominasi oleh lansia.

Baca juga: Ganjar Terharu Ada Jemaah Calon Haji yang Nabung Dari Jualan Tempe hingga Jual Sawah

“Untuk SOC ini ada 30 persen jamaah yang diberangkatkan lansia dan di Arab Saudi saat ini cuacanya sedang panas jadi memang ekstra tubuh stamina itu harus disehatkan harus dikuatkan,” imbaunya.

Sebagai informasi, hingga siang ini jemaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Asrama Haji Donohudan Solo menuju Madinah sudah ada 8 kloter, dengan total jemaah berjumlah 2.845 orang.

Sedangkan, jemaah calon haji yang telah tiba di AHD hingga saat ini berasal dari kloter 10, yakni dari Kota Semarang. Sehingga jumlah total jemaah yang telah diterima Embarkasi Solo berjumlah 3.610 orang.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER