31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Ganjar Terharu Ada Jemaah Calon Haji yang Nabung Dari Jualan Tempe hingga Jual Sawah

BETANEWS.ID, BOYOLALI – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir dalam acara pelepasan jemaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan di Asrama Haji Donohudan (AHD), Selasa (23/5/2023) malam. Setibanya di AHD, Ganjar langsung menyapa dan berdialog dengan beberapa jemaah.

Salah satu jemaah calon haji yang berdialog dengan Ganjar adalah seorang penjual tempe. Ganjar mengaku terharu mendengar cerita jemaah dalam mengumpulkan uang untuk biaya naik haji.

“Mereka tadi tak ajak dialog ada yang mengharukan, ya. Ada yang penjual tempe, loh, yang tiap hari nabung Rp100,” kata Ganjar usai menghadiri acara pelepasan calon jemaah haji.

Baca juga: Jemaah Calon Haji Tertua Asal Kudus Berusia 91 Tahun

Selain itu, Ganjar juga berdialog dengan calon jemaah haji yang sampai menjual sawah untuk biaya berangkat haji.

“Ada yang saking semangatnya sawahnya dijual. Jadi betapa niatnya mereka, tulusnya mereka untuk beribadah. Ya kita doakanlah supaya semuanya lancar, hajinya mabrur, sampai nanti mereka pulang,” kata dia.

Ganjar juga mengatakan bahwa tak sedikit jemaah calon haji yang pemberangkatannya tertunda, bahkan harus menunggu selama 11 sampai 12 tahun.

“Rata-rata kan mereka sekitar 11 sampai 12 tahun musti menunggu, dan hari ini mereka merasa ya ini lah ibadah yang akan mereka lalukan dengan gembira,” ujarnya.

Musim haji tahun ini juga banyak lansia yang baru bisa menunaikan ibadah haji. Ganjar menyebut, hal itu lantaran antrean haji yang sangat panjang. Oleh sebab itu, menurut Ganjar, antrean calon jemaah haji harus guna mengurangi antrean panjang.

“Jadi kesempatannya mesti diatur. Syukur-syukur kuotanya bisa bertambah,” ujarnya.

Baca juga: Jadwal Pemberangkatan 1.278 Jemaah Calon Haji Kudus Tahun 2023

Ganjar juga berpesan kepada jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan berkomunikasi dengan petugas ketika menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Ya kalau ada yang tidak tahu, ditanyakan karena sebagian besar tadi kan belum pernah ke sana (Makkah) ya, yang sebagian sudah ya. Yang sudah saya kira tidak terlalu sulit, yang belum ya sering-sering bertanya,” katanya.

“Biasanya penyakitnya itu suka tersesat, tidak tahu hotelnya, tidak tahu transportasinya yang mau dipakai yang mana,” lanjutnya.

Diketahui, calon jemaah haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan berjumlah 360 orang. Mereka diterbangkan ke tanah suci pada Rabu (24/5/2023) pukul 00.30 WIB dari Bandara Internasional Adi Soemarmo dan akan mendarat di Madinah.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER