31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Jemaah Calon Haji Grobogan Jadi Kloter Pertama Asal Indonesia yang Terbang ke Tanah Suci

BETANEWS.ID, BOYOLALI – Jemaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan (AHD) menuju Madinah, Rabu (24/5/2023) dini hari. Mereka adalah rombongan pertama dari Indonesia yang diterbangkan menuju Arab Saudi.

Pelepasan calon jemaah haji kloter pertama asal Grobogan juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, anggota Komisi VIII DPR, Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra, dan lain-lain.

“Ada hampir semua Embarkasi memberangkatkan pada hari yang sama, hanya kita yang paling awal, jam 00.30 WIB. Ya, paling awal (di Indonesia),” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Tengah, Musta’in Ahmad.

Baca juga: Ganjar Terharu Ada Jemaah Calon Haji yang Nabung Dari Jualan Tempe hingga Jual Sawah

Musta’in menyebutkan, kloter pertama jemaah calon haji ini berasal dari Kabupaten Grobogan, dengan jumlah 360 orang yang terdiri dari jemaah dan petugas pendamping.

“Yang paling muda 24 tahun, yang tertua 86 tahun. Semua kondisinya sehat, siap diberangkatkan jam 00.30 WIB tanggal 24 (Mie 2023) akan berangkat menuju Madinah, semoga lancar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Musta’in menjelaskan bahwa ada 33.524 calon jemaah haji yang berangkat dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Jemaah berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kalau semuanya itu dari Jateng dan Jogja itu ada 33.524 jemaah, itu nanti terbagi dalam 95 kloter. Lansianya 31 persen, 11 ribuan orang dari 33-an ribu itu,” rincinya.

Baca juga: Ita Takjub, Ada Calon Haji di Semarang Berusia 90-100 Tahun

Terkait dengan rencana ditambahnya kuota haji asal Indonesia sebanyak 8.000 orang, Musta’in mengatakan bawa memang akan ada rencana itu. Namun, hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut.

“Kita nunggu akan ada tambahan 8 ribu, akan ada, tapi kita tunggu, sampai hari ini belum ada. Tapi tadi kan dari DPR kan menyampaikan akan ada tambahan sekitar 8 ribu, nanti kita tunggu Jawa Tengah ada berapa,” kata dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER