31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBISNISKerajinan Kain Perca...

Kerajinan Kain Perca Karya Warga Semarang Ini Pelanggannya Sudah Sampai Belanda

BETANEWES.ID, SEMARANG – Lyna Windiarti, owner Double Eight Craft memiliki cerita menarik soal usaha kerajinan berbahan kain perca miliknya. Usaha yang dirintis sejak 2019 lalu itu, pasarnya kini tembus sampai ke Belanda.

Warga Jln Sonokeling II D59, Plamongan Indah, Kota Semarang itu menceritakan, awal mula menggeluti kerajinan kain perca adalah ingin memanfaatkan kain sisa di usaha jahit pakaian wanita miliknya.

Lyna menunjukkan produk berbahan kain perca di tempat usahanya. Foto: Ist

“Waktu itu nggak saya buang perca-percanya saya simpan, saya kumpulkan akhirnya saya olah lagi menjadi produk seperti home decor atau home tekstil yaitu sarung bantal, taplak meja, bad cover, sama cover sofa. Untuk harga produk mulai dari Rp75 ribu sampai Rp3,5 juta,” katanya, Kamis (13/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Produk Daur Ulang Sampah Buatan Warga Kudus Ini Jadi Langganan Menantu Jokowi

Saat merintis, Lyna hanya menjual melalui jaringan pertemanan. Sampai saat ia mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, usahanya kian berkembang dan maju. Dari sanalah, usaha Double Eight Craft mulai merambah pasar nasional, bahkan mancanegara.

“Kontribusinya (Pemprov) sangat bagus sih. Jadi, pertama itu saya dikasih pelatihan-pelatihan yang awal-awal itu saya ikut pelatihan HAKI untuk mematenkan mereknya supaya tidak dipakai orang. Kemudian saya ikut lagi pelatihan manajemen yaitu pelatihan digital marketing. kemudian saya ikut lagi pelatihan public speaking. waktu itu saya juga dapat dana hibah yaitu untuk mengelola Instagram,” ungkapnya.

“Penjualannya sekarang sudah sampai ke nasional yaitu ke pulau Sumatera sama pulau Kalimantan. Yang terakhir alhamdulillah ada juga yang order yang dibawa ke Belanda,” tambahnya.

Baca juga: Tetap Produktif di Usia Senja, Triana Buat Kerajinan Anting Hingga Tas Makrame yang Bentuknya Unik

Baginya, kemajuan UMKM di Jawa Tengah tidak lepas dari sosok Ganjar Pranowo. Selama ini, Gubernur Jawa Tengah dua periode itu sangat memperhatikan UMKM.

“Sangat support istilahnya ada lapak ganjar juga yang membantu para UMKM. kemudian kalau pameran-pameran itu beliau selalu datang gitu. istilahnya support pada kami, itu luar biasa,” tutup Lyna.

Editor: Ahmad Muhlisin 

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler