31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaUMKMProduk Daur Ulang...

Produk Daur Ulang Sampah Buatan Warga Kudus Ini Jadi Langganan Menantu Jokowi

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa produk daur ulang sampah plastik terlihat terpajang di etalase ruang tamu rumah Desa Jati Kulon RT 3 RW 2, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Meski berbahan plastik bekas pakai, tapi produk tersebut terlihat bagus dan elegan. Bahkan, produk hasil karya dari Seruni Handmade itu setahun terakhir jadi langganan menantu Presiden Jokowi yakni Bobby Nasution, yang saat ini menjabat Wali Kota Medan.

Owner Seruni Handmade Sri Setuni (41) menyampaikan, sejak September tahun lalu, beberapa jenis produk Seruni Handmade dipesan oleh menantu Presiden Jokowi yakni Bobbi Nasution. Pertama, produk yang dipesan yakni tas yang terbuat dari daur ulang sampah plastik.

Sri Setuni menyusun beberapa produk hasil daur ulang sampah. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Seruni Handmade, Toko Kerajinan dari Sampah Plastik yang Pelanggannya dari Berbagai Daerah

- Ads Banner -

“Pesanan pertama itu ada 600 pcs. Terdiri dari 400 tas ransel dan 200 tas laptop, yang semuanya terbuat dari sampah plastik,” ujar perempuan yang akrab disapa Tuni kepada Betanews.id, Rabu (7/9/2022).

Dia mengungkapkan, Wali Kota Medan tersebut memesan produk terbuat dari daur ulang sampah di acara peringatan Hari Bumi. Sebab produk tersebut akan dibuat pameran sekaligus mengedukasi masyarakat Medan, akan pentingnya mengolah sampah plastik sebagai sebuah kerajinan.

“Kita ketahui sendiri, bahwa sampah plastik itu susah untuk diurai oleh alam. Pokoknya setiap ada acara yang berkaitan dengan lingkungan, asisten Wali Kota Medan itu langsung menghubunginya untuk memesan produk Seruni Handmade,” bebernya.

Selain tas, bulan Februari tahun 2022 ,Tuni juga mendapatkan pesanan lagi dari ayah Sedah Merah berupa shoping bag sebanyak 150 pcs. Berbeda dengan tas ransel yang terbuat dari kemasan kopi, shoping bag ini terbuat dari plastik kantong kresek bekas.

“Setelah itu juga ada pesanan lagi. Di antaranya, tempat pensil, tempat map, dan lainnya lagi. Bahkan, hingga saat ini ada pesanan dari Wali Kota Medan itu yang masih kita kerjakan,” ungkapnya.

Baca juga: Kerajinan Limbah Plastik Seruni Handmade Tembus Pasar Dunia

Tuni mengaku bangga, produk daur ulang sampah plastiknya bisa diminati oleh menantu orang nomor satu di Indonesia. Selain bangga, ia berharap hasil karyanya itu akan menginspirasi banyak orang di Medan. Bahwa dari sampah plastik bisa jadi lahan penghasilan.

“Dengan memanfaatkan sampah plastik, selain bisa menghasilkan uang juga ikut berperan terhadap kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler