31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaSOLOBesok, Dira Sugandi...

Besok, Dira Sugandi hingga David Bayu Akan Meriahkan Konser Rhapsody Nusantara di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Deretan penyanyi kenamaan Indonesia akan memeriahkan Konser Rhapsody Nusantara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda di Diamond Solo Convention Center, Jumat (28/10/2022) malam. Mengusung konsep musik lintas daerah, pertunjukan tersebut bermaksud untuk menghadirkan kembali semangat kebangkitan Sumpah Pemuda.

Performer yang akan tampil juga berasal dari berbagai macam lini kesenian, yakni  musik, tari, dan puisi. Mereka adalah Singgih Sanjaya beserta orkestra miliknya, musisi Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristanto, Sruti Respati, Kenny Gabriel, Michael Jakarimilena, kelompok Gamelan Kolintang Gratia, Voca Erudita, Filda Wibowo, Melati Arumsari, Dewi Pembayun, dan beberapa pelaku seni dari Kota Solo.

Konser Rhapsody Nusantara terbuka bagi masyarakat umum dan tidak dikenakan biaya tiket. Konser ini mendapat apresiasi dengan tingginya antusias masyarakat yang menonton.

- Ads Banner -

Baca juga: Peringati HUT, Museum Radya Pustaka Akan Gelar Konser Karawitan dan Wayang Gedog

Hal itu dibuktikan dengan ludesnya tiket yang memang terbatas dan hanya tersedia seribu tiket. Hanya dalam dua hari, tiket konser itu sudah habis sejak dibuka pemesanannya pada tanggal 18 Oktober 2022 melalui kanal pemesanan tiket.

Penanggung Jawab Acara Rhapsody Nusantara Riel Tasmaya menyampaikan, konser tersebut mengambil momentum Sumpah Pemuda untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Menurutnya, Sumpah Pemuda adalah sesuatu yang tidak bisa dilupakan.

“Harus kita ingatkan dan tanamkan pada generasi saat ini, bagaimana perjuangan dan persatuan adalah kunci merebut kemerdekaan. Generasi sekarang harus punya spirit yang sama,” kata Riel saat Jumpa Pers di Diamond Solo Convention Center, Rabu (26/10/2022).

Selain kolaborasi artis dan seniman dengan latar belakang yang berbeda-beda, musik yang akan diangkat juga memadukan antara orkestra, musik tradisional, hingga musik pop.

“Harapannya acara ini menjadi historical, monumental untuk kita semua, bisa menjadi satu acara yang sangat bermakna. Suatu saat kita bisa ingat makna-makna yang tersirat dari setiap performance. Ada satu pesan yang generasi sekarang ingat dan menerapkan dalam hidup mereka,” kata Riel.

Baca juga: Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Indonesia yang Simpan Benda Peninggalan Keraton Solo

Pada kesempatan yang sama, Penata Musik gelaran Rhapsody Nusantara, Singgih Sanjaya yang diwakili oleh sang putri, Sheila Sanjaya menambahkan bahwa konser tersebut mendapat tempat tersendiri di hati sang ayah.

“Ini sangat luar biasa, karena beliau putra asli Solo dan sudah 40 tahun berkarir di musik. Bangun Pemuda Pemudi jadi gong untuk menyadarkan kita semua untuk terus mengingat dan menerapkan semangat Sumpah Pemuda untuk persatuan dan kesatuan bangsa,” tutup Sheila.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler