31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaBISNISAyam Jenis KUB...

Ayam Jenis KUB dan AKY Ini Bisa Panen Hanya dalam 2 Bulan; Dagingnya Laris, Telurnya Apalagi

BETANEWS.ID, KUDUS – Ribuan ayam jenis Kampung Unggul Balikbangtan (KUB) dan Ayam Kampung Yudistira (AKY) terlihat di kandang milik warga Desa Tanjungrejo RT 7 RW 3, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Ayam-ayam tersebut dipisah sesuai umur untuk mempermudah penjualan.

Menurut pemilik peternakan, Teguh Harjo Prakoso, pemisahan itu penting karena setiap pekannya ia harus mengirim ribuan ayam ke suppliernya. Tak hanya dagingnya, ia juga bisa menjual telurnya. Hal inilah yang membuat usaha peternakan itu jadi bisnis yang begitu menjanjikan.

“Potensi keuntungan ternak ayam jenis ini sangatlah bagus. Dari segi panennya yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa, yaitu panen bisa 60 sampai 70 hari dengan bobot sesuai dengan permintaan. Selain itu ayam jenis ini juga bisa diharapkan dari telurnya yang setiap hari bisa bertelur,” beber Teguh, Selasa (25/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Tips Beternak Ayam Petelur, Bisnis Menggiurkan yang Bagi Pemula pun Bisa

Ia menjelaskan, ia memulai dengan peternakan ayam jenis KUB dan AKY sejak awal 2020 lalu yang dimulai hanya 100 ekor saja. Saat ini, total ayam yang diternak berjumlah 8.000 ekor. Sedangkan perawatannya saat ini hanya dikelola keluarganya, lantaran belum menemukan orang yang cocok dan mempunyai keterampilan dalam beternak ayam.

“Pengennya sih ada karyawan yang bisa bantu mengurusi pakan dan kebersihan kandangnya mas, tapi belum menemukan orang yang berpengalaman di bidang ini,” ujarnya.

Kini, dari usaha tersebut, Teguh memiliki beberapa produk yang dijual, yaitu telur tetas, DOC indukan, DOC untuk konsumsi, Pullet usia lebih 1 bulan, ayam hidup, ayam karkas sudah dipotong langsung dikirim, dan frozen.

Baca juga: Tips Beternak Bebek Petelur Antigagal Ala Mokhsin, Hasilnya Sangat Menjanjikan

“Masing-masing produk ini pemasarannya berbeda-beda. Untuk telurnya sudah kirim ke hampir semua kota di Indonesia. Untuk daging ayamnya paling jauh kirim ke Bali dan sampai saat ini masih ada kerja sama,” terangnya.

Menurutnya, dari semua produk dalam usaha ternak ayam jenis KUB dan AKY itu, dirinya bisa memperoleh omzet ratusan juta setiap bulannya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler