31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaTeknologiUsung Konsep yang...

Usung Konsep yang Berbeda, Solo Batik Carnival Akan Bisa Dinikmati di Metaverse

BETANEWS.ID, SOLO – Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali menyapa masyarakat setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19. Seiring dengan membaiknya situasi, acara itu akan kembali digelar pada 2 Oktober 2022 mendatang. Seperti biasa, peserta yang sudah menggunakan kostum akan berjalan di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Solo Batik Carnival, nantinya akan mengusung konsep yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tidak hanya digelar di jalanan, even ini juga akan menyapa di metaverse. Dalam mewujudkan visualisasai itu, Panitia SBC menggandeng Kotamaya.

Founder Kotamaya Daniel Santosa mengatakan, terobosan baru itu bertujuan agar SBC tidak hanya diikuti secara langsung saja, namun juga bisa diikuti secara virtual.

Persiapan Solo Batik Carnival. Foto: Khalim Mahfur.

Baca juga: Teten Masduki Harap Solo Keroncong Festival Bisa Lahirkan Legenda Keroncong

“Semuanya bisa diikuti secara virtual, kalau di Kotamaya mengikuti langsung jadi. di Foto langsung jadi saat itu,” kata Daniel pada jumpa pers di Kecamatan Jebres, Minggu (4/9/2022).

Agar bisa diikuti oleh segala kalangan, Daniel memprogram metaverse tersebut bisa digunakan oleh pengguna gawai dengan spesifikasi low-end. Metaverse itu nantinya juga dapat diakses secara gratis.

“Menggunakan HP dari yang seri low end, bahkan dengan android seri 6 dengan ram minimal 1 GB pun bisa,” ungkap Daniel.

Di aplikasi Kotamaya, para pengguna nantinya dapat membuat avatar dengan menggunakan wajah masing-masing.

Dalam platform itu, pengguna dapat bepergian ke beberapa tempat yang menggambarkan Kota Solo yang tersedia. Selain itu, pengguna dapat berinteraksi dengan pemilik akun lainnya, baik dengan fitur chat maupun voice call.

“Target peserta ada 150 orang yang akan mengikuti SBC, mereka nanti juga akan virtualkan pesertanya berjalan,” ujar Daniel.

Sementara, Ketua Yayasan Batik Carnival, Lia Imelda mengatakan, melalui platform itu, masyarakat yang tidak bisa hadir juga bisa merasakan euforia SBC.

Baca juga: Solo Bersholawat Bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf Dihadiri Puluhan Ribu Warga

“Mereka yang tidak dapat datang ke Solo, mereka tetap bisa dapat berkreasi, tetap bisa ikut berkompetisi,” kata Lia.

Lia mengatakan, gelaran SBC dengan konsep metaverse ini baru pertama kali dilakukan. Dengan diselenggarakan secara nyata dan maya, Lia berharap agar peserta yang hendak ikut bisa lebih banyak.

” Mereka juga bisa mengenakan kostum-kostum SBC dan juga ikut carnival dari jalan Slamet Riyadi melalui virtual,” kata Lia.

Editor : Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler