31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaWISATASerunya Berwisata Sambil...

Serunya Berwisata Sambil Belajar Kaligrafi di Galery Seni Menara Kudus

BETANEWS, KUDUS – Galery Seni Menara Kudus yang berada di dekat Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, menawarkan paket wisata edukasi, yakni berdongeng dan mewarnai.

Menurut Muhammad Nur Syamsul Huda (37), Pemilik Galery Seni Menara, pengunjung nantinya akan diajarkan cara menulis tulisan Arab klasik, yaitu khat Nasi. Selain itu, sambil belajar, pengunjung juga diceritakan mengenai sejarah Menara Kudus dan jejak penyebaran Islam oleh Sunan Kudus Ja’far Shodiq.

“Menggunakan khat Nasi, karena khat itu yang utama dari karakter kaligrafi. Jadi pengunjung nanti diajarkan menulis dasar-dasar huruf Arab dan cara meraut pena tradisional dari bambu. Hasil tulisan nanti bisa dibawa pulang,” kata lelaki yang akrab disapan Huda pada betanews.id, Sabtu (17/9/2022).

Pemilik Galery Seni Menara saat menerima kunjungan wisatawan. Foto: Sekarwati.
- Ads Banner -

Baca juga: Di Lahan 3000 Meter Persegi, Aan Wujudkan Mimpi Buat Tempat Wisata Edukasi Buah Anggur

Galery Seni Menara, lanjut Huda, merupakan bagian dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kauman. Pengunjung yang merupakan bagian dari paket wisata Pokdarwis, tidak dikenai biaya atau gratis saat mengunjungi Galery Seni Menara.

“Paket edukasi di Galery Seni Menara ini gratis, jika membeli lewat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kauman,” imbuhnya.

Selain itu, Galery Seni Menara juga menyediakan paket menulis Arab klasik, mewarnai, dan melukis. Pengunjung yang tidak membeli paket wisata melalui Pokdarwis dikenai biaya mulai dari Rp 15-100 ribu.

“Galery Seni Menara Kudus memiliki paket. Pertama, paket gratis jika membeli paket wisata Pokdarwis, yang mendapatkan fasilitas alat tulis dan media tulis yang diajarkan cara menulis khas Tsulutsi, khat Nasi. Kedua, paket mewarnai hanya Rp15 ribu dengan cat, kuas, dan media gambar. Ketiga, paket melukis bagi yang ingin belajar sungguh hanya Rp 100 ribu dengan fasilitas kuas, cat, kanvas,” terangnya.

Huda menjelaskan, pengunjung yang datang ke Galery Seni Menara melalui Pokdarwis bahkan pernah dari Timur Tengah. Tidak hanya itu, kalangan pelajar maupun mahasiswa dan keluarga juga sering berkunjung ke tempatnya.

“Pengunjung wisata edukasi Galery Seni Menara kebanyakan mulai dari TK sampai mahasiswa dan keluarga,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa KKN IAIN Kudus Lian Naning Sari (22), yang merupakan warga Rembang mengaku senang setelah melakukan wisata edukasi di Galery Seni Menara. Ia mengatakan, melalui wisata edukasi itu ia belajar menulis kaligrafi dan mengenal sejarah peradaban Islam di Kudus.

Baca juga:Desa Pedawang Canangkan Wisata Edukasi Kampung Nanas

“Seneng bisa sambil belajar juga. Tadi dikenalkan tentang menara mengenai peradaban Islam dan Makam Sunan Kudus. Setelah itu kita diajarkan menulis kaligrafi,” ujarnya.

Pengunjung yang ingin berwisata edukasi di Galery Seni Menara dapat melalui kontak Pokdarwis pada nomor, 08156510298 (Lis) dan 081910287931 (Vian), atau menghubungi nomor Huda 085726300702.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler