31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaSEMARANGDEMAKSampai September, 203...

Sampai September, 203 Warga Demak Kena DBD, 2 Meninggal

BETANEWS.ID, DEMAK – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Heri Winarto memebeberkan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tahun 2022 mengalami peningkatan sebanyak 203 kasus dengan 2 orang meninggal. Sementara di tahun 2021 mencapai 67 kasus.

“Kasus DBD tahun ini sudah mencapai 203 kasus sejak Januari 2022 hingga sekarang. Bahkan 2 orang meninggal,” kata Heri ditemui di kantornya, Rabu (28/09/2022).

Dirinya menyampaikan, DBD sudah merata penyebarannya di Kabupaten Demak, bahkan rata-rata menyerang anak usia 5 hingga 14 tahun.

- Ads Banner -

Baca juga: DBD di Demak Capai 140 Kasus, Mranggen Tertinggi

“Penyebaran wilayahnya hampir merata di Kabupaten Demak. Paling banyak pada usia 5-14 tahun,”terangnya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama memberantas sarang nyamuk dengan menggencarkan 3M, karena kesadaran masyarakat pada DBD masih sangat rendah.

Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan DBD, agar penyakit yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus tidak kian menyebar.

“Untuk masyarakat harus melakukan pencegahan dengan menerapkan 3M seperti menjaga tempat-tempat seperti kubangan itu harus ditutup,  menguras dan membersihkan bak mandi, serta mengubur barang-barang yang tidak digunakan agar tidak menjadi tempat tumbuh kembang nyamuk,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler