31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSGedung Pemuda Muhammadiyah...

Gedung Pemuda Muhammadiyah di Getasrabi Ini Disebut Mirip Gereja

BETANEWS.ID, KUDUS – Gedung Grha Pemuda Muhammadiyah Ranting Desa Getasrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, arsitektur bangunan milik ormas Islam terbesar kedua di Indonesia itu mirip sekali dengan gereja.

Bangunan yang berdiri di atas lahan  559 meter persegi tersebut memiliki banyak jendela yang atasnya membentuk setengah lingkaran. Atapnya yang berbentuk segitiga itu dihiasi menara yang sekilas memang mirip gereja.

Meski banyak disebut mirip gereja, pengelola Grha Pemuda Muhammadiyah Nuruz Zaman mengaku tak mempermasalahkannya. Kemiripan dengan tempat ibadah Umat Kristen itu lantaran pihaknya menggunakan arsitektur bangunan klasik Eropa.

- Ads Banner -

Baca juga: SMP Muhammadiyah 1 Kudus Buka Sekolah Coding, Hartopo: ‘Semoga Lahir Programmer Andal’

“Namanya orang punya persepsi beraneka. Ada yang menyebut seperti gereja, ada yang menyebut seperti bangunan kuno dan sebagainya. Namun, poinnya ini adalah gedung baru Muhammadiyah Ranting Getasrabi yang dibangun dan terinspirasi oleh bangunan-bangunan klasik Eropa,” ujarnya, Sabtu (17/9/2022).

Alasan Grha Pemuda Muhammadiyah arsitektur sama dengan bangunan kalsik Eropa kuno dan mirip dengan gereja, karena Muhammadiyah Kudus yang berlandaskan motto modern, maju dan berkemajuan ingin membikin gebrakan baru.

“Kami juga ingin mengubah paradigma masyarakat, bahwa bangunan seperti ini tidak hanya gereja. Banyak bangunan seperti ini di Eropa dan bukan gereja,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Grha Pemuda Muhammadiyah ini dibangun mulai Sepetember 2021 dan diresmikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada 11 September 2022.

“Kurang lebih proses pembangunannya sekitar setahun dengan anggaran kurang kebih Rp1 miliar. Sumber dana berasal dari swadaya dan donatur, serta ada juga bantuan dari para jamaah dan masyarakat umum yang menyumbang dalam bentuk barang atau pun natura,” jelas pria yang tinggal tidak jauh dari Grha Pemuda Muhammadiyah tersebut.

Baca juga: Bangun Kolam Renang, MI Muhammadiyah 1 Kudus Ingin Cetak Perenang Handal

Dia menuturkan, Grha Pemuda Muhammadiyah peruntukkannya adalah untuk kegiatan sosial dan ekonomi, bukan untuk ritual peribadatan, misal untuk pertemuan warga, kumpul-kumpul dan sebagainya. Bangunan ini juga disewakan untuk pesta pernikahan dan turnamen olahraga.

“Untuk pesta pernikahan bangunan ini mampu menampung 100 sampai 120 tamu undangan. Saat ini gedung ini juga sudah disewa untuk turnamen badminton. Bahkan ada kelompok lain yang antre,” pungkas Zaman.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler