31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Mengunjungi Limanjawi Art, Galeri Seni Rupa di Magelang

BETANEWS.ID, MAGELANG – Berada di pinggir sawah, dengan pemandangan Bukit Menoreh, gedung yang berada di Dusun Tingal Kulon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang itu, di dalamnya terdapat beragam koleksi lukisan yang memiliki nilai seni tinggi.

Gedung tersebut adalah Limanjawi Art. Tempat ini merupakan sebuah galeri seni yang sering menggelar pameran. Limanjawi Art telah melakukan aktivitas seni sejak 2009.

Pengelola, Limanjawi Art Umar Khusaini menjelaskan, setelah dalam masa pandemi kurang lebih dua tahun berhenti atau vakum, kini tempat tersebut sudah kembali menggelar pameran seni lukis.

-Advertisement-

Baca juga: Mengunjungi Rumah Kamera, Galeri Lukisan Unik di Magelang Karya Tanggol Angien Jatikusumo

“Setelah vakum, baru ada aktivitas bulan Juli lalu, yaitu menggelar pameran dengan tema Titik Balik,” jelas Umar Khusaini.

Ia menjelaskan, Limanjawi Art adalah untuk tempat berkumpul para seniman yang bergerak di bidang seni rupa, yang terdiri dari lukisan dan patung. Limanjawi Art juga sering melakukan pameran, baik pameran bersama maupun pameran tunggal.

“Limanjawi Art lebih dikenal sebagai ruang pameran, mengenalkan perkembangan seni rupa di Indonesia. Karena peserta pameran tidak hanya dari Borobudur dan Magelang, melainkan dari seluruh Nusantara. Seperti pameran pada Juli lalu, ada 18 seniman dari berbagai daerah, Padang, Jakarta dan lain sebagainya,” ujar Umar Khusaini.

Pemeran lukisan dengan tema Titik Balik para seniman yang cukup terkenal. Di antaranya, Umar Khusaini, Jatmiko, salah satu seniman modern, Ari Kadarisman dan pera seniman lukis lainnya.

Pameran lukisan Titik Balik merupakan penanda dibukanya kembali Limanjawi Art pasca-pandemi. Pameran itu sendiri terinspirasi dari perayaan Hari Waisak pada Mei lalu yang diselenggarakan di Borobudur.

“Tema Titik Balik pada pameran ini, dimaksudkan sebagai penggalian kembali nilai-nilai spiritual tentang hakikat kehidupan yang sebenarnya, tidak saja bersumber dari berbagai hal dari luar,” jelas Umar.

Baca juga: Melihat Mushaf Akbar yang Dimiliki Museum Gusjigang Kudus

Pameran lukisan Titik Balik di Limanjawi Art, katanya sangat diminati oleh para wisatawan. Dengan adanya pameran pasca-pandemi, Limanjawi Art sudah kembali hidup dan bangkit.

“Sudah berkali-kali ada pameran di sini, bahkan kelas internasional. Ada beberapa kegiatan pameran yang diikuti seniman yang tidak hanya nasional tapi juga dari luar negeri juga. Terakhir sebelum pandemic, bahkan 18 negara, yaitu dari Eropa, Amerika dan Asean,” jelas Umar Khusaini.

Dengan dibukanya Limanjawi Art sebagai ruang pameran kembali pasca-pandemi, Umar Khusaini berharap para seniman khususnya seni lukis kembali bergairah.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER