31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Mengenal Umar Khusaini, Pelukis yang Karyanya Banyak Diminati Wisatawan Mancanegara

BETANEWS.ID, MAGELANG – Mengenakan kaus warna hitam, pria dengan jenggot dan kumis itu tampak ramah menyapa pengunjung yang datang ke Limanjawi Art, yang biasanya digunakan untuk tempat pameran seni rupa. Pria tersebut tersebut adalah Umar Khusaini, Pemilik Limanjawi Art yang juga seorang seniman lukis.

Umar Khusaini, merupakan seniman lukis asal Magelang yang cukup lama berkecimpung dalam dunia seni rupa. Pria ini menceritakan, bahwa ia sudah menjadi seniman seni rupa atau seni lukis sejak hampir 30 tahun, tepatnya sejak tahun 1996.

“Sebetulnya sejak kecil sudah sering menggambar, tapi serius melukis sejak tahun 1996. Kemudian tahun 2003 membuat komunitas di Borobudur, dengan teman-teman pelaku seni Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI),” jelas Umar Khusaini.

-Advertisement-
Di antara lukisan yang ada di Limanjawi Art. Foto: Budi Prasetyo.

Baca juga: Mengunjungi Limanjawi Art, Galeri Seni Rupa di Magelang

Setelah terbentuk komunitas, Ia bersama rekan-rekan seniman lainnya sering menggelar pameran di hotel dan juga di luar daerah. Sejak 2009, Ia memberikan ruang di kediamannya sebagai yang pameran dan dikenal dengan Limanjawi Art.

Menjadi seniman, menurutnya berawal dari hati. Apapun yang dilakukan profesional menekuni lukis. Menurutnya, menjadi seorang pelukis juga suka dukanya banyak, tetapi katanya hampir semua banyak senengnya.

“Banyak senangnya, karena profesi seniman lukis dari hati. Senangnya kita menjadikan profesi ini menjalin silaturahmi menjadikan jembatan hubungan sosial dengan banyak kalangan,” jelasnya.

Untuk hasil karya dari Umar Khusaini, menurutnya lebih banyak dikoleksi orang asing. Banyak wisatawan mancanegara yang mengoleksi lukisan da dibawa ke negara asalnya.

“Sebelum pandemi banyak wiatwan asing yang mengunjungi Limanjawi Art. Jadi banyak karya-karya saya banyak tersebar di negara Eropa dan kebanyakan di Amerika,” jelas Umar Khusaini.

Dengan adanya Limanjawi Art, Umar Khusaini berkomitmen, aktivitas pameran akan terus dilakukan. Dengan kunjungan wisatawan yang semakin membaik, Borobudur sebagai pusat budaya, bisa menopang karya-karya para seniman top Indonesia untuk mengenalkan karyanya kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Wisatawan yang datang ke Borobudur pasti akan tertarik dengan seni dan budaya, jadi dengan adanya candi sebagai pusat budaya akan membantu pameran lukisan terangkat. Limanjawi Art sebagai ruang budaya untuk memamerkan karya-karya terbaik seniman Indonesia,” jelas Umar Khusaini.

Baca juga: Imbas Pandemi, Eko Kini Jadi Pelukis Jalanan hingga Bisa Kuliahkan Anak

Ia berharap Limanjawi Art yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, bersinergi dengan pemerintah dan siapapun untuk menjadikan destinasi seni dan budaya di Borobudur selain candi.

“Supaya wisatawan tau perkembangan seni rupa di Indonesia dan menambah lama tinggal di Borobudur,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER