31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKULINERLegen dan Siwalan...

Legen dan Siwalan yang Dijual di Gondangmanis Ini Harganya Cuma Rp10 ribu

BETANEWS.ID, KUDUS – Di depan Lapangan SMA 2 Bae, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, tampak seorang pria sedang mengupas buah siwalan dengan parang. Dengan sekuat tenaga, ia membelah buah berwana coklat gelap itu. Setelah terkelupas, ia lantas mengumpulkannya jadi satu dalam wadah.

Beberapa buah yang sudah dikupas kemudian ia masukkan ke dalam plastik bening dan di ikat. Selanjutnya, plastik itu akan diberi tali rafia untuk digantung.

Siang itu, lapak milik Sutomo (31) itu memang cukup ramai didatangi pembeli. Dengan banyaknya orang yang mampir, mau tak mau ia harus sering mengupas siwalan. Pria asli Tuban itu berjualan legen dan siwalan di Kudus sejak sebulan lalu.

- Ads Banner -

Baca juga: Jual Ayam Geprek Hanya Rp6 Ribu Bawa Uci Sukses Punya Empat Cabang

Menurutnya, siwalan memiliki tekstur buah yang lembut dengan rasa manis. Siwalan ini juga berkhasiat sebagai penurun panas bagi anak. Sedangkan untuk air legen rasanya manis dan sedikit asam.

“Buah siwalan rasanya manis ada sedikit air di dalamnya. Kalau legen rasanya ada asam, manis. Buahnya ini juga bisa buat penurunan panas. Anak saya kalau sakit makan ini bisa turun panasnya,” beber dia.

Setiap satu bungkus berisi empat sampai lima buah siwalan, ia menjualnya Rp10 ribu. Untuk satu botol legen juga dihargai sama yakni Rp10 ribu.

Baca juga: Kue Leker Cowboy, Jajanan Tradisional di Kawasan Wisata Religi Kiai Raden Santri Ini Laris Banget

Menurutnya, kebanyakan pembeli adalah pengendara yang melintas di daerah tersebut pasa ia buka lapak mulai pukul 9.00 WIB sampai 17.15 WIB. Dalam sehari, dirinya mampu mendapatkan omzet berkisar Rp250 ribu sampai Rp500 ribu.

“Harga buah siwalan dan air legen sama Rp10 ribuan. Sehari bisa dapat Rp250 ribu. Kalau ramai bisa sampai Rp500 ribu,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler