31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Satu Jemaah Haji Asal Jepara Terkonfirmasi Positif Covid-19 saat Tiba di Tanah Air

BETANEWS.ID, BOYOLALI – Satu jemaah haji asal Kabupaten Jepara yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah petugas Debarkasi Solo mengambil sampel swab antigen para jemaah haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Jemaah asal Kabupaten Jepara tersebut, tergabung dalam Kloter 3.

Kloter 3 ini tiba di tanah air pada Minggu (17/7/2022) lalu. Mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 05.05 WIB. Dari hasil tes swab antigen secara acak di Asrama Haji Donohudan Boyolali, satu jemaah haji diketahui hasilnya positif.

Baca juga: Innalillahi, Dua Jemaah Haji Asal Kudus Meninggal di Tanah Suci

“Untuk saat ini kita ada satu jemaah yang positif Covid-19, dari Kabupaten Jepara yang tergabung dalam Kloter 03 SOC,” kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, kepada awak media, Kamis (21/7/2022) malam.

Menurutnya, temuan tersebut sudah dikoordinasikan dengan bidang kesehatan dan tim kesehatan Kabupaten Jepara, agar jemaah yang terpapar covid itu melaksankan karantina mandiri. Kondisi jemaah itu disebut tanpa gejala.

Karena ditemukannya jemaah yang terkonfirmasi Covid-19, maka Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan ketentuan baru. Dijelaskan Sarip, tes swab antigen yang sebelumnya hanya dilakukan kepada sampel yang diambil secara acak, saat ini diberlakukan kepada seluruh jemaah haji.

“Jadi semua Embarkasi untuk diharapkan melaksanakan tes swab antigen secara keseluruhan dan apabila diindikasi ada yang postif, akan dilaksanakan observasi lebih lanjut dan untuk dikoordinasikan karantina dan sebagainya,” ujarnya.

Adapun ketentuan tersebut diberlakukan mulai pada Debarkasi kloter 09 SOC dari Kabupaten Kudus dan Rembang yang tiba di AHD Solo pada Kamis (21/7/2022). Sedangkan jumlah jemaah dari kloter tersebut berjumlah 360 jemaah.

Baca juga: Satu Jemaah Calon Haji Asal Pati Meninggal Dunia di Arab Saudi

“Sebelum dilaksanakan serah terima, ini semua jemaah akan kita swab antigen semua dan mudah-mudahan hasilnya negatif. Apabila nanti di hasil ada yang positif, penanganan jemaah yang tanpa gejala nanti akan langsung dikoordinassikan dengan bidang kesehatan dan tim kesehatan kabupaten/kota untuk karantina wilayah di kabupaten masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, hingga saat ini sudah ada sekitar 3.234 jemaah haji yang kembali di Debarkasi Solo.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER