31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKOMUNITASPeringati Ulang Tahun...

Peringati Ulang Tahun ke-11, Forum Kalen Persembahkan Pembacaan dan Bedah Puisi Karya Yit Prayitno

BETANEWS.ID, KUDUS – Memperingati ulang tahunnya ke-11, Forum Kamis Legen (Kalen) akan menyelenggarakan pembacaan dan bedah puisi karya Yit Prayitno. Acara akan diselenggarakan malam ini (7/7/2022).

Ketua penyelenggaraan acara, Martinus Basuki Soegita mengungkapkan, acara tersebut akan dilaksanakan di Kebun Pecuk Pecukilan, Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Acara ini juga akan disiarkan langsung di kanal Youtube Beta TV.

Di ulang tahun ke-11 Forum Kalen ini, Basuki membeberkan, akan ada sejumlah puisi karya Yit Prayitno yang nantinya akan dibedah Fajar Kartika, Ketua Forum Kalen, dan Asa Jatmiko, seorang pegiat teater dan di sastra Kudus.

- Ads Banner -

Baca juga: Mengenal Forum Kalen, Komunitas Kaum Intelektual di Kudus

Judul puisi karya Yit Prayitno yang akan dibedah di antaranya, Patiayam, 1918 dan 1980, Iwak Kebo, Joglo Penchu, Misteri Muria, Tragedi Hutan Jati, Kudusem dan Djamhari.

Dia juga mengaku akan ikut membaca pusisi dalam acara itu. Selain dirinya, puisi-puisi tersebut juga akan dibacakan oleh Yit Prayitno, Asa Jatmiko, Fajar Kartika, Adhita Armi Trianto, Ketua Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Valerie Yudistira Pramudya, Owner Sidji Cofee.

“Ada juga Hasan Aoni Aziz, pendiri Omah Dongeng Marwah (ODM) dan Thomas Budi Santoso, pegiat puisi di Kudus. Kami juga mengundang kurang lebih 50 orang dari berbagai unsur, ada pegiat puisi, sastra, teater dan dinas kebudayaan juga,” terangnya.

Pemilihan karya puisi ini, kata Basuki, tak lepas dari sosok Yit Prayitno. Selain sebagai anggota Forum Kalen, Yit Prayitno juga dianggap konsisten terhadap terhadap pembuatan karya sastra, baik puisi maupun novel. Karya-karya yang dihasilkan juga relevan terhadap tema-tema kajian di Forum Kalen, baik tentang filsafat, sastra dan lingkungan.

Baca juga: Refleksi Kebangkitan ala Forum Kalen, dari Filsaf, TS Eliot Hingga Guru Galak

Kegiatan yang didukung Sidji Coffee dan Beta Media itu akan dimulai pukul 18.00 WIB. Selain pembacaan dan bedah puisi, ulang tahun ke-11 Forum Kalen juga dimeriahkan grup musik Valerie Gank dan RSP Loss.

Basuki menjelaskan, Forum Kalen adalah komunitas diskusi, sastra, filsafat, budaya dan ekonomi, yang di dalamnya terdapat sejumlah kaum intelektual dari berbagai disiplin keilmuan. Nama Forum Kalen diambil dari Kamis Legi, di mana mereka berkumpul untuk berdiskusi.

“Nama ini diambil dari kata Kamis Legi atau biasa kami sebut Kamis Legen. Hari di mana kami berkumpul berdiskusi tentang sastra, filsafat, budaya dan ekonomi,” jelas Basuki.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler