31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Diprotes, Ganjar-Luhut Sepakat Tunda Pemberlakuan Tiket Naik Borobudur Rp750 Ribu

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pemberlakuan tarif naik stupa Borobudur sebesar Rp750 ribu akhirnya ditunda setelah dapat banyak protes dari masyarakat. Keputusan ini ditentukan saat ada pertemuan antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menko Marives Luhut B. Pandjaitan di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (7/6/2022). Penundaan ini setelah adanya banyak protes dari masyakat

Ganjar mengatakan, penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Maka dari itu, harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi, baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain seperti salah satunya penentuan tarif masuk. 

“Kita postpone dulu. Tadi Pak Menteri (Luhut) sudah menyampaikan, Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana,” ungkapnya.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp6,8 Triliun untuk Jadikan Borobudur Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

Pengelola Candi Borobudur juga sudah bersuara terkait harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur. Berdasarkan pernyataan resmi yang dikeluarkan pengelola, tiket masuk kawasan Candi Borobudur masih belum berubah.

Berikut rincian harga tiket masuk sesuai keterangan pengelola dan juga yang tertera pada situs borobudurpark.com. Tiket masuk kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan domestik atau lokal dibanderol Rp50 ribu untuk usia 10 tahun ke atas. Wisatawan lokal dengan usia 3-10 tahun dibanderol seharga Rp25 ribu. Tiket wisatawan lokal khusus rombongan pelajar atau mahasiswa minimal 20 orang dibanderol Rp25 ribu per orang.

Baca juga: Soal Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Begini Respon Pedagang

Sementara untuk tiket wisatawan mancanegara dibanderol USD100 atau setara Rp350 ribu per orang. Wisatawan mancanegara kategori anak-anak dibanderol USD15 atau sekitar Rp210 ribu per orang.

Berdasarkan situs tersebut, memang belum ada regulasi yang mengatur harga tiket wisatawan untuk naik ke atas area stupa Candi Borobudur.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER