31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSSatu Calon Haji...

Satu Calon Haji dari Kudus Gagal Berangkat Karena Belum Vaksin Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus mencatat ada satu jemaah calon haji dari Kudus yang gagal berangkat. Alasannya, yang bersangkutan belum suntik vaksin Covid-19. Padahal, vaksin covid jadi salah satu syarat berangkat haji.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kemenag Kudus Asrul Fatkhi mengungkapkan, bagi jemaah yang belum vaksin, terpaksa gagal berangkat haji. Jemaah calon haji tersebut, sebenarnya sudah mau vaksinasi, namun karena memiliki komorbid, sehingga tidak bisa dilakukan.

Baca juga : Alhamdulillah, 488 Jemaah Calon Haji Asal Kudus Akhirnya Bisa Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

- Ads Banner -

“Sampai kemarin setelah dicek kesehatannya dan mengikuti vaksin meningitis, diketahui bahwa beliau belum vaksin covid dan baru laporan ke Kemenag. Jadi terpaksa tidak bisa berangkat,” ungkap Fatkhi ditemui di ruangannya, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut, Fatkhi mengungkapkan, ada rasa kecewa yang dirasakan calon haji tersebut. Namun tidak ada protes yang diterima Kemenag. Jemaah calon haji asal Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus tersebut mau tidak mau menerima keputusan.

“Ada rasa kecewa dari beliaunya, tapi mau bagaimana lagi. Beliau menerimanya. Hanya kurang vaksin covid saja untuk persyaratan lain beliau sudah memenuhi,” ungkap Fatkhi.

Di samping itu, Fatkhi mengatakan, bahwa hari ini merupakan hari terakhir konfirmasi pelunasan pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang telah dilunasi para jemaah pada tahun 2020 lalu ke Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus sendiri mencatat, data terakhir ada 473 jemaah calon haji noncadangan yang telah mengkonfirmasi pembayaran. Dari kuota yang dimiliki, Kudus sebanyak 488 jemaah untuk pemberangkatan ke tanah suci.

“Data ini kami sampaikan ke Provinsi Jawa Tengah untuk selanjutnya dikumpulkan bersama data dari kabupaten/kota se-Jateng. Bila masih ada sisa kuota, akan diisi sesuai dengan nomor porsi jemaah yang masuk daftar cadangan serta telah memenuhi persyaratan pemberangkatan,” ungkapnya.

Di samping itu, tiap Kementerian Agama di kabupaten/kota juga melakukan penyisiran jemaah yang sekiranya mundur atau menunda pemberangkatan. Hal itu, untuk benar-benar menetapkan jemaah calon haji yang akan berangkat.

Sebab, Kemenag Kudus sendiri kemarin ada salah satu jemaah yang mengundurkan diri. Padahal semua persyaratan telah terpenuhi.

“Memilih menunda keberangkatan karena menunggu mahrom-nya (istrinya). Karena istrinya tidak masuk daftar noncadangan dan kemungkinan besar tidak bisa berangkat tahun ini bersamanya,” katanya.

Baca juga : Sempat Tertunda Karena Pandemi, Sukino Sujud Syukur Tahun Ini Bisa Berangkat Haji

Kendati demikian, sebelum seluruh jemaah calon haji berangkat, Kemenag Kudus akan mengadakan manasik haji. Kegiatan itu, nanti digelar di @Hom Hotel pada 25 Mei 2022 untuk tingkat kabupaten. Kemudian dilanjutkan manasik haji tiap kecamatan pada tanggal 26-29 Mei 2022.

“Rencananya pemberangkatan kloter pertama calon haji Jawa Tengah itu tanggal 3 Juni 2022. Kudus sendiri belum bisa dipastikan masuk kloter berapa dan akan berangkat kapan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler