31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKISAHSempat Tertunda Karena...

Sempat Tertunda Karena Pandemi, Sukino Sujud Syukur Tahun Ini Bisa Berangkat Haji

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua tahun pandemi melanda dunia mengakibatkan larangan ibadah haji bagi semua negara termasuk Indonesia. Namun setelah kasus pandemi melandai, Kerajaan Arab Saudi pun memperbolehkan kembali ibadah haji. Hal itu pun disyukuri oleh Sukino (59) jemaah calon haji dari Pati yang berangkat tahun ini.

Ditemui saat beli oleh-oleh haji, Sukino mengaku sangat bersyukur setelah dapat kepastian bisa berangkat haji tahun ini. Sebab, ia pernah merasa khawatir tak berangkat karena pandemi yang tak kunjung berakhir.

Sukino saat berbelanja oleh-oleh haji di Pasar Kliwon, Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Pasar Kliwon, Pusatnya Oleh-oleh Haji Terbesar di Pantura Timur

- Ads Banner -

“Mendapat kabar tahun ini saya dan istri bisa berangkat ibadah haji, saya langsung sujud syukur. Rencananya, kami berangkat tanggal 2 Juni 2022,” ujar Sukino kepada Betanews.id, Senin (16/5/2022).

Warga Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati itu menuturkan, mendaftar haji pada tahun 2011. Sebenarnya, keberangkatan ibadah haji untuknya itu pada tahun 2020.

“Namun, karena ada pandemi, sehingga pemberangkatan ditunda. Saya bersyukur dan senang bisa berangkat haji tahun ini,” tandasnya.

Karena kepastian berangkat haji itulah, ia dan istrinya beserta anaknya kini mencari oleh-oleh ibadah haji di Pasar Kliwon Kudus. Hal itu dilakukan agar ketika di tanah suci bisa khusyuk untuk beribadah tanpa direpotkan dengan belanja oleh-oleh.

“Iya ini lagi beli oleh-oleh ibadah haji. Ada sajadah, sarung, surban dan lainnya. Untuk oleh-oleh air zam-zam, kacang arab dan kurma saya ingin beli langsung dari Tanah Suci Mekkah,” bebernya.

Baca juga : Alhamdulillah, 488 Jemaah Calon Haji Asal Kudus Akhirnya Bisa Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Ia berharap selalu diberi kesehatan dan keselamatan, sehingga mampu menjalankan ibadah haji, serta selamat mulai perjalanan berangkat, saat berada Tanah Suci Mekkah hingga pulang kembali ke rumah di Pati.

“Semoga saya dan keluarga selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Bisa menunaikan ibadah haji dengan khusyuk, dan semoga saya dan istri bisa menjadi haji yang mabrur yang diberkahi Allah SWT,” harapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler