31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPolisi Ikut Pantau...

Polisi Ikut Pantau Kondisi Ternak Warga untuk Antisipasi Penularan Penyakit Mulut dan Kuku

BETANEWS.ID, KUDUS – Jajaran Polres Kudus mendatangi sejumlah lokasi ternak hewan di wilayahnya. Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Dawe dan Jekulo. Pagi tadi, mereka berkeliling memantau kondisi hewan ternak sapi, memastikan kondisi hewan ternak dalam keadaan baik-baik saja.

“Kali ini kami melakukan pemantauan ke peternakan sapi. Tujuannya sebagai langkah antisipasi dini adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak yang baru-baru ini ditemukan di Jawa Timur,” kata Kapolsek Dawe AKP Hadi Noor Cahyo, Kamis (12/5/2022).

Baca juga : Antisipasi Penyebaran PMK, Dispertan Kudus Lakukan Pengawasan dan Tracking Hewan Ternak dari Jatim

- Ads Banner -

Kegiatan ini dilakukan tak lepas dari banyaknya peternakan sapi di wilayah Kecamatan Dawe. Potensi penyakit tersebut pun dikhawatirkan terjadi.

“Untuk itu kami akan terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan pemilik peternakan sapi maupun dinas terkait,” ungkapnya.

Hasilnya, tidak ada satupun hewan ternak yang diketahui menderita PMK. Kendati demikian, AKP Hadi mengimbau pada pemilik peternakan untuk tetap waspada terhadap potensi terjangkitnya PMK pada hewan.

“Tetap waspada. Bila ditemukan kasus tersebut, segera melapor,” pintanya.

Baca juga : Sebabkan Kematian dan Belum Ditemukan Obatnya, Ini Ciri Ternak Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Tidak berbeda jauh dari pantauan Polsek Jekulo. Kapolsek Jekulo AKP Bambang Sutaryo tidak mendapati hewan ternak di wilayah Kecamatan Jekulo yang menderita PMK. Pihaknya tetap meminta agar keadaan hewan ternak selalu dipantau dan asupan makanan juga dijaga.

“Keadaan hewan aman, sehat semua. Pengecekan kesehatan juga rutin dilakukan tiap bulannya oleh peternak,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler