31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Mulai Ada Permintaan, Pengusaha Beduk dan Rebana di Kudus Semringah

BETANEWS.ID, KUDUS – Ramadan tahun ini Sugiarto owner dari Istana Bedug terlihat semringah. Pasalnya, setelah dua tahun usahanya mati suri karena pandemi, kini usahanya itu mulai bergeliat lagi. Ramadan lalu Istana Bedug kebanjiran permintaan bedug.

“Saya bersyukur Ramadan tahun ini mulai ada permintaan beduk. Sebelumnya selama dua tahun pandemi itu sepi, tak ada pesanan,” ujar Sugiarto kepada Betanews.id, Senin (18/4/2022).

Salah seorang pekerja sedang membuat rebana di Istana Bedug. Foto: Rabu Sipan

Dia mengatakan, Istana Bedug memproduksi beduk dan rebana sejak belasan tahun lalu. Untuk permintaan beduk ramainya itu memang saat Ramadan. Dalam satu bulan dirinya bisa menerima permintaan lima sampai 10 set beduk.

-Advertisement-

Baca juga: Produksi Beduk dan Rebana Tutup, Sugiharto Bangkit dengan Gambus

“Bulan Ramadan ini kami dapat pesanan lima set bedug. Memang belum maksimal tapi tetap saya syukuri,” ungkapnya.

Sebelum pandemi, tuturnya, selain di Bulan Ramadan ia terkadang juga tetap dapat pesanan beduk tapi tidak banyak. Menurutnya, paling dua bulan hanya ada pesanan satu set beduk.

“Semoga saja pandemi benar-benar berakhir. Pesanan beduk lancar, setiap bulannya ada pemesan,” harapnya.

Warga Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kudus itu membanderol beduknya mulai Rp8 juta sampai Rp150 juta per set. Harga tergantung ukuran beduk dan motif ukir yang diminta pemesan.

Baca juga: Beduk dan Rebana Buatan Sugiharto Unggulkan Kualitas Suara dan Tahan Lama

“Sebab ukuran dan motif itu menentukan kerumitan dan lama pengerjaan,” beber Sugiarto.

Selain beduk, rebana produksi Istana Bedug juga sudah mulai banyak permintaan. Bedanya, permintaan rebana itu ramainya saat Bulan Maulud. Dia menuturkan, harga rebana di Istana Bedug berkisar Rp1,5 juta sampai Rp5 juta per set. Untuk satu set rebana terdiri dari delapan rebana.

“Permintaan rebana itu memang ramai saat Maulud. Bulan Maulud tahun ini Istana Bedug dapat pesanan sekitar 50 set,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER