31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKOMUNITASLebih Dekat dengan...

Lebih Dekat dengan CRC, Komunitas Pecinta Kucing di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sekitar Jalan Menara, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, terlihat lima orang perempuan sedang menyiapkan puluhan botol berisi pakan kucing. Selanjutnya, pakan kucing itu dibagikan secara gratis ke pelancong, penjual, dan masyarakat sekitar menara. Mereka ini adalah komunitas pecinta kucing yaitu Cat Rescue Community (CRC).

Di temui usai membagikan botol berisi pakan kucing, Adisty Kurnianingrum Ketua CRC Kudus menjelaskan, komunitas pecinta kucing ini sudah dibentuk sejak tahun 2018.

Baca juga : Komunitas CRC Kudus Bagikan Ratusan Botol Pakan Kucing

- Ads Banner -

Berawal dari keprihatinan bertambahnya jumlah kucing jalanan yang tidak terawat, serta sulit mendapatkan makan yang layak, membuat Adisty dan kawan-kawanya membentuk kelompok pecinta kucing jalanan dengan memberikan makan kucing jalanan.

“Komunitas ini berawal dari kegelisahan kita dengan banyaknya kucing jalanan yang tidak terawat dan seringkali mendapatkan perlakuan tidak baik. Sehingga kami hadir tidak hanya untuk memberikan makan kucing jalanan, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam komunitas ini, CRC mempunyai 40 orang anggota inti. Kegiatan yang di lakukan CRC pun cukup beragam. Antara lain menyelamatkan kucing jalanan yang membutuhkan pertolongan, bisa karena dia sakit atau terluka, mengalami kekerasan yakni termasuk ana-anak kucing baru lahir yang dibuang tanpa induknya.

“Tetapi CRC tidak menutup kemungkinan untuk menolong hewan lainnya, sebagai contoh, CRC beberapa bulan lalu merescue seekor anak monyet yang djual di pasar online. Karena khawatir akan dijadikan sebagai topeng monyet, dimana dia akan rentan mendapat kekerasan,”tambahnya.

Kemudian, mengenai biaya pengobatan kucing yang direscue dengan keadaan sakit atau luka, berasal dari uang kas CRC.

“Kita ada uang kas tiap bulanya, tapi jika kas tidak mencukupi, biasanya kita mengadakan “saweran” antaranggota. Jika hasil saweran masih belum bisa mengkaver biaya pengobatan, maka CRC akan open donasi ke berbagai grup pecinta kucing untuk membiayai pengobatan kucing tersebut,” jelansya.

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan komunitas CRC adalah melakukan steril/ kastrasi kepada kucing yang direscue. Hal ini sebagai upaya untuk menekan populasi kucing jalanan, sehingga tidak terjadi over populasi.

Baca juga : Pecinta Hewan di Semarang Ngabuburit dengan Memberi Makan Kucing Liar

Tak hanya mempedulikan tentang kucing, CRC juga melakukan edukasi terhadap masyarakat luas, melalui kegiatan berbagi botol pakan gratis, dengan harapan masyarakat akan tergugah hatinya untuk lebih perduli lagi terhadap kucing-kucing jalanan.

“Kita sering melakukan street feeding dan membagikan botol pakan kucing gratis. Harapanya, nantinya bisa membangun kebiasaan. Jadi kalau botol yang kita kasih sudah habis, mereka bisa beli sendiri dan terus melakukannya,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler