31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKulinerKerupuk Kulit Paquita,...

Kerupuk Kulit Paquita, Rasanya Lebih Gurih dan Bikin Nagih

BETANEWS.ID, KUDUS – Di Bagian ruang dapur sebuah rumah di Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, seorang perempuan terlihat sedang menggoreng kerupuk kulit menggunakan wajan berukuran besar. Ia menggoreng kerupuk tersebut secara berkala.

Sementara itu, di sisi ruang tamu, terlihat pula tiga orang karyawan, sedang sibuk mengemasi kerupuk kulit ke dalam toples.

Proses pengemasan kerupuk kulit. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Gurihnya Kerupuk Kulit Ikan Kakap Ini jadi Primadona Banyak Orang

- Ads Banner -

Kerupuk kulit tersebut, merupakan salah satu produk unggulan yang ada di Omah Jajan Paquita (OJP). Sebab, selain kerupuk kulit, juga ada beragam jajanan lainnya yang diproduksi OJP. Di antaranya, ada usus krispi, basreng, keripik kaca, kacang goreng dan masih banyak lagi.

Inay Nuraini, Owner OJP menyebut, tidak seperti kerupuk kulit pada umumnya, produknya memiliki keunggulan yang membuat kerupuk buatanya tersebut laris diburu pembeli. Ia menyebut, untuk kerupuk kulit ada dua, yaitu kerupuk kulit sapi dan kerbau.

“Keunggulan kita kerupuknya lebih gurih, karena sebelum di goreng, kita bumbuiin dulu kemudian kita keringkan lagi, baru kita goreng,” ucapnya.

Menurutnya, untuk pembuatan kerupuk kulit tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Yakni, mulai dari proses pembersihan kulit sapi atau kerbau, penjemuran hingga penggorengan.

“Pertama kulit kita bersihkan dulu, kemudian dijemur selama 1 bulan, lalu dibakar untuk membersihkan bulunya. Kemudian kita rebus, kita potong kotak-kotak, kita keringkan 3-4 hari, kemudian kita rendam pakai bumbu, lalu kita jemur lagi, dan terakhir baru masuk proses pengorengan,” jelasnya.

Lalu, agar pembeli tidak bosan, Inay pun bernovasi dengan memberikan bumbu aneka rasa. Bahkan katanya ada juga kerupuk kulit rasa kerbau. Yaitu, kulit sapi dieri bumbu kerbau, sehingga rasanya lebih mantap.

“Jadi kita ada dua macam, yaitu kerupuk kulit kerbau dan sapi. Pilihan rasanya pun cukup banyak. Untuk yang kulit sapi kita menyediakan 8 rasa, antara lain keju, BBQ, jagung manis, pedas daun jeruk, dan masih banyak lagi. Tapi kalau kulit kerbau, kita tidak ada pilihan rasa, karena rasanya tidak masuk. Jadi kalau kulit kerbau cuma ada rasa original asin manis dan gurih asin,” bebernya.

Baca juga : Selain Rasanya Sedap, Gurih dan Asin, Kerupuk Rambak Kulit Kerbau Bisa Jadi Obat Maag

Sedangkan untuk harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 30 ribu untuk 1/4 kilogram.

Karena memiliki rasa enak dan harga terjangkau, kerupuk kulit buatan Inay sudah sampai ke luar daerah, seperti Kalimantan, Jakarta, Bandung, dan masih banyak lagi.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler