31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaKulinerGurihnya Kerupuk Kulit...

Gurihnya Kerupuk Kulit Ikan Kakap Ini jadi Primadona Banyak Orang

BETANEWS.ID, DEMAK – Rumah produksi kulit ikan kakap Laffish Barokah itu tampak sibuk. Asap yang bersumber dari penggorengan terlihat menemani beberapa pekerja yang sibuk dengan tugas masing-masing. Ada yang sedang menggoreng, ada pula yang kebagian membungkus kerupuk itu.

Di bagian lain bangunan yang berada di Desa Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak itu, terlihat seorang pria sedang menata produk yang hendak dikirim. Dia adalah Aful Ihwan, pemilik usaha kerupuk kulit ikan kakap Laffish Barokah.

Aful bersama karyawan produk Kerupuk Kulit Ikan kakap miliknya. Foto: Nashirotul Ulya

Ditemui di sela-sela aktivitasnya itu, Aful bersedia berbagi cerita kepada betanews.id soal usaha yang dirintis 2017 lalu itu. Awalnya, ia berpikir kulit ikan kakap sisa ekspor yang tak terpakai, seharusnya bisa dimanfaatkan agar tidak terbuang. Dari situ, ia kemudian punya ide untuk menjadikannya kerupuk.

- Ads Banner -

Baca juga: Jualan Pukis Toping Kekinian di Kudus Ini Punya Omzet Jutaan Sehari

“Kulit ikan ini dari perusahaan di Medan yang bergerak di ekspor kakap. Kulit ikannya kan tidak terpakai, jadi saya manfaatkan untuk produksi kerupuk kulit ini,” katanya, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, kerupuk kulit ikan kakap merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain punya rasa yang khas dari kulit ikannya, kerupuk ini juga gurih dan sangat renyah.

“Harga kerupuk kulit ikan kakap ini dari Rp 10 ribu untuk kemasan sampai Rp 150 ribu untuk yang kiloan. Baik yang masih mentah ataupun yang sudah dimasak menjadi kerupuk,” ungkap Aful.

Aful menjelaskan, dari bisnisnya itu, ia bisa meraup omzet sebulan hingga Rp 9 juta sebelum pandemi dan saat ada pemberlakuan pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM), penghasilannya menurun hingga 70 persen menjadi Rp 2-3 juta saja.

“Sekarang sudah mulai merangkak naik lagi. Ya semoga Covid-19 ini segera hilang,” katanya.

Baca juga: Jadah Bakar, Jajanan Tradisional Murah dan Nikmat Ini Bisa Kamu Temukan di Kudus

Tak hanya penghasilannya yang lumayan besar, Aful juga sudah bisa mempekerjakan beberapa ibu rumah tangga di sekitar rumahnya untuk bekerja dengannya.

Jika ingin pesan dan mendapatkan informasi lebih lanjut dapat melalui WhatsApp di nomor 0878 3395 8430, Facebook Kerupuk Kulit Ikan Kakap, Instagram @kerupukkulitikankakap, dan Youtobe Kang aful.

Penulis: Nashirotul Ulya (Mahasiswa Magang IAIN Kudus)

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler