31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaKulinerJadah Bakar, Jajanan...

Jadah Bakar, Jajanan Tradisional Murah dan Nikmat Ini Bisa Kamu Temukan di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di tepi Jalan KHR Asnawi Kudus, atau tepatnya di Pertigaan Polytron, terlihat sebuah gerobak yang menjual jajanan tradisional. Sang pemilik gerobak, tampak sibuk mengipasi jajanan yang ia bakar dengan arang. Jajanan tersebut adalah jadah bakar.

Sembari melakukan aktivitasnya, pria bernama Syarifudin tersebut bersedia berbagi informasi tentang jajanan yang ia jual. Dia mengatakan, ia menjual jadah bakar di Kudus baru sekitar tiga pekan.

Syarifudin saat melayani pembeli jadah bakar. Foto: Kaerul Umam.

Baca juga : Es Durian Klepon, Sensasi Rasa Unik dan Berbeda yang Cuma ada di Dapoer Gentong

- Ads Banner -

“Sebelumnya sudah pernah berjualan di Ambarawa. Karena ada pelanggan, yang memberi arahan untuk berjualan di Kudus, kemudian saya survei lokasi. Dan ternyata memang lebih laris di sini,” kata Syarif kepada betanews.id, Jumat (17/9/2021).

Jajanan yang berbahan dasar dari ketan dan juga kelapa yang dicampur itu, katanya, mampu menarik peminat banyak pembeli dari semua kalangan. Menurutnya, dalam sehari ia bisa menjual hingga 200 biji jadah bakar. Sedangkan untuk harga, per bijinya Rp 2 ribu.

“Kalau dari awal, jajanan ini saya membawa 5 kilogram sehari. Namun, Alhamdulillah saat ini meningkat, dan kini sehari membawa 8 kilogram bahan untuk jadah bakar. Kalau dibuat perbiji ya, satu kilogramnya bisa menjadi 30 biji,” tutur warga asli Jawa Barat itu.

Baca juga : Ketan dengan Aneka Varian Rasa Ini Harganya Serba Rp 5 Ribu

Dengan semakin banyaknya peminat dari jajanan yang satu ini, kini ia sudah memiliki empat gerobak yang tersebar di Kota Kretek. Di antaranya, di Perempatan Sucen, GOR Kudus, Pasar Bitingan dan Alun-alun Simpang 7 Kudus.

Katanya, ia berjualan jadah bakar tersebut sejak pagi mulai pukul 6.00 WIB hingga dagangan yang ia jajakan habis.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler