31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSportGibran Tegaskan Venue...

Gibran Tegaskan Venue Kolam Renang ASEAN Para Games Rampung Tepat Waktu

BETANEWS.ID, SOLO – ASEAN Para Sport Federation (APSF) memberi beberapa catatan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait venue penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) yang akan digelar 30 Juli hingga 6 Agustus.

Salah satu yang menjadi catatan Presiden APSF, Mayjen Osoth Bhavilai adalah venue cabang olahraga (cabor) renang yang belum rampung dikerjakan. Padahal sebelumya, kolam renang tersebut dikabarkan akan memiliki standar internasional.

“Jadi satu-satunya yang masih mengganjal hingga saat ini adalah kolam renang. Bukan berarti kita tidak percaya, tapi kita hanya cemas saja karena waktunya mepet banget,” katanya ketika ditemui di Pura Mangkunegaran, Senin (9/5/2022) malam.

- Ads Banner -

Baca juga: Gibran Resmi Terima Bendera ASEAN Para Games 2022

Kendati demikian, pihaknya berharap venue yang berada di Edupark Intan Pari, Kabupaten Karanganyar itu bisa digunakan saat acara berlangsung.

Selain venue kolam renang yang belum selesai, Osoth juga menyoroti beberapa fasilitas pendukung seperti toilet yang belum memenuhi standar untuk digunakan penyandang disabilitas.

“Lebar pintu masuk toilet minimal 80 sentimeter, tapi ada yang belum. Bukan hanya lebar pintu, tapi juga ruangan, karena nanti atlet masuk, manuver, keluar,” kata dia.

Di sekitar kloset, lanjut dia, harus ada dua buah handle atau pegangan di sisi sebelah kiri dan kanan yang kuat menyangga berat beban pengguna lantaran ada beberapa difabel yang tidak bisa tanpa menggunakan kursi roda.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun optimis venue kolam renang yang digunakan untuk cabor renang dapat selesai tepat waktu. Secara keseluruhan, menurutnya venue-venue yang lain hanya membutuhkan sedikit perbaikan saja.

“Nanti tetap kita sesaikan semua. Cuma ini aja, kolam renang. Kolam renang itu kan juga beres lah Itu, bisa lah, kan bukan kerjaan NPC, kerjaan negara ini, saya yakin pasi jalan,” jelasnya.

Baca juga: Persiapan ASEAN Para Games, Akan Dibangun Kolam Renang Baru Standar Internasional di Karanganyar

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga menambahkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyanggupi untuk menyelesaikan pengerjaan venue kolam renag itu tepat waktu. Menurutnya, dalam dua bulan ke depan, venue itu akan rampung dikerjakan.

“Dari PUPR sudah menyanggupi, di Karanganyar ya, tenang aja, dua bulan selesai. Kalau yang di Solo sendiri tinggal pembenahan kecil-kecilan, terurtama toilet. Pokonya biar utuk akses difabelnya lebih baik. Hotel-hotel, venue-venue sudah dicek, tenag aja, aman,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler