31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Presiden Jokowi Ajak Rakyat Tak Jadi Penonton Saja dalam Transformasi Digital

BETANEWS.ID, SOLO – Presiden Joko Widodo menyebut digitalisasi harus menjangkau ke seluruh Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Digitalisasi Nusantara Expo dan Summit (DNES) 2022 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (29/03/2022).

Peresiden Jokowi menyebut, percepatan digitalisasi merupakan upaya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jokowi juga mengajak semua pihak untuk tidak menjadi penonton saja dalam transformasi digital ini, tetapi harus mengembangkan startup yang bisa memberikan kontribusi.

Pembukaan DNES 2022 di Edutorium UMS, Selasa (29/03/2022). Foto: Khalim Mahfur

“Harus ada tambahan lagi unicron, decacron dan Indonesia harus mampu melahirkan hectocron. Bahkan Indonesia harus mengembangkan startup-startup baru,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Murka Indonesia Impor Alat Pertanian, Sepatu, hingga Buku Tulis: ‘Bodoh Sekali Kita’

Selain itu, politikus PDI Perjuangan itu juga meminta untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi Kadin Indonesia atas penyelenggaraan DNES 2022 tersebut. Ia berharap, event tersebut mampu mengakselerasi transformasi dan implementasi teknologi digital yang akan membangun daya kompetitif daerah dan daya saing nasional.

Baca juga: Momen Jokowi Kunjungi Solo Technopark yang Makin Maju di Era Gibran

“Digitalisasi ini menjadi kekuatan untuk bersaing dalam kancah perdagangan yang kompetitif. Terlebih di era pandemi ini semua pelaku perdagangan, baik UMKM maupun pedagang besar dituntut memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya. Memanfaatkan marketplace dan fasilitas keuangan digital menjadi hal wajib bagi pengusaha sebagai bentuk adaptasi new normal,” ujar Gibran.

Sebagai informasi, Acara tersebut merupakan kerja sama antara KADIN Indonesia bersama Yayasan Internet Indonesia (GIIF) yang diikuti oleh 500 daerah di Indonesia. Acara tersebut digelar selama tiga hari dan diikuti sebanyak 41 booth dari perusahaan berbasis digital yang mengisi expo.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER