31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSOptimis Bisa Capai...

Optimis Bisa Capai Target Laba untuk 2022, Ini Sumber Pendapatan Terbesar PD Percetakan Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Perusahaan Daerah (Perusda) Percetakan Kabupaten Kudus optimis tahun 2022 mampu memperoleh laba sesuai target.

Penjabat (Pj) Kepala PD Percetakan Kudus Harun Rashid mengatakan, bahwa pada tahun 2021 lalu, laba untuk Perusda ditargetkan Rp 131.713.533. Namun hingga menutup tahun, laba yang didapat Rp 100.148.750, atau sekitar 70 persen lebih dari target.

“Tapi kami masih bersyukur PD Percetakan masih bisa bertahan di tengah pandemi,” kata Harun saat ditemui di ruangannya, Kamis (20/1/2022).

Aktivitas di PD Percetakan Kudus. Foto: Nila Rustiyani.
- Ads Banner -

Baca juga : Usai Direkturnya Dipecat, PD Percetakan Kudus Diaudit Inspektorat

Harun tak memungkiri, bahwa hasil yang didapat ini masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan Pemerintah Kabupaten Kudus. Namun menurutnya, segala upaya telah dikerahkan maksimal untuk mendapatkan pesanan percetakan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di Kudus.

Karena pandemi Covid-19 dan adanya berbagai pembatasan, mengakibatkan PD Percetakan kehilangan banyak pesanan. Apalagi di sektor pariwisata dan pendidikan. Di mana biasanya pesanan karcis masuk tempat wisata akan disediakan oleh PD Percetakan. Begitu pula pembuatan buku-buku LKS penunjang pembelajaran siswa, semua hasil cetakan dari PD Percetakan Kudus.

“Dulu dari Dinas Pertanian (Dispertan) ada buku-buku panduan yang mencetak kami. Tapi sekarang pakai file. Karena dampak covid, Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) yang dulunya kita dapat pesanan hampir Rp 400 juta, di 2021 hanya dapat sekitar Rp 97 juta. Tempat wisata juga tutup. Biasanya karcis yang membuat kami. Jadi order minim bagi kita,” jelas Harun.

Namun atas kerja sama dari semua pegawai PD Percetakan, pesanan akhirnya masuk dari puskemas di Kudus. Bahwa untuk mencetak kartu vaksin hingga blangko vaksinasi atau lainnya, semua diserahkan ke PD Percetakan, sehingga mampu mendongkrak laba pendapatan. Ditambah, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus yang juga mulai mencetak buku penunjang kegiatan belajar siswa.

“Alhamdulillah, dari hasil pembukuan (akhir tahun) kita bisa mencapai 70 persen lebih. Kami merasa ini memang belum maksimal, belum memenuhi target. Tapi kami sudah melakukan upaya maksimal, komunikasi dengan semua OPD juga,” ungkapnya.

Harun optimis, bahwa di tahun 2022 nanti, target pendapatan laba untuk PD Percetakan akan tercapai. Meski rencananya, target laba akan dinaikkan 10 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Percetakan Menara Kudus, Percetakan Alquran Legendaris di Nusantara

“Kami optimistis target 2022 tercapai. Asal kondisi bisa mulai normal. Wisata dibuka dan sekolah bisa masuk seperti sebelum adanya pandemi Covid-19,” katanya.

Sebab menurutnya, sumber pendapatan terbesar PD Percetakan berasal dari 4 OPD di Kudus. Yakni Disbudpar, Disdikpora, Dinas Perhubungan dan Dinas Perdagangan. Di mana paling banyak pesanan masuk untuk mencetak karcis.

“Kalau semuanya bisa maksimal seperti sebelum corona, saya yakin sudah bisa memenuhi target,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler