31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

DKK Kudus Bantah Penyebab Vaksin AZ Terancam Kedaluwarsa Karena Serapan Rendah

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus membantah penyebab vaksin AstraZeneca yang akan kedaluwarsa 31 Desember 2021 ini karena serapan rendah. Menurut Sekretaris DKK Kudus Andini Aridewi, jumlah vaksin itu sudah sesuai dengan kebutuhan. Penyebab tak terpakainya jatah tersebut karena warga tak datang saat vaksinasi dosis dua.

“Kendalanya pada saat dia (warga) seharusnya melakukan vaksin dosis kedua, malah tidak datang. Entah karena kondisi, atau karena hasil skrining yang membuatnya harus ditunda vaksin keduanya. Ini akan kita evaluasi,” jelasnya, Senin (27/12/2021).

Untuk itu, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan semua fasilitas kesehatan di Kudus untuk mendata vaksin AZ yang belum terpakai. Data itu akan menjadi acuan DKK menentukan jumlah vaksin yang akan kedaluwarsa.

Baca juga: Waspadai Omicron, Ketua IDI Kudus: ‘Kuncinya Vaksinasi dan Pakai Masker’

“Terutama yang expired-nya tanggal 31 Desember 2021 ini,” bebrer Andini.

Andini menambahkan, sebelumnya Kudus telah mengembalikan vaksin AZ sebanyak 355 vial. Namun,  sebelum kedaluwarsa, DKK diminta untuk sebisa mungkin menghabiskan.

“Kita disuruh untuk menghabiskan AZ, mengingat expired-nya dalam waktu dekat. Kemarin diminta menginventarisir. Baik yang expired tanggal 31 Desember maupun yang 13 Januari 2022,” tutupnya.

Baca juga: Kudus Mulai Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun, 615 Siswa SD IT Al Islam jadi Sasaran Pertama

Bupati Kudus HM Hartopo menambahkan, saat mengikuti rapat koordinasi secara daring bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Hartopo diingatkan agar tidak ada lagi vaksin yang kedaluwarsa. Apabila ada yang mendekati, pihaknya diminta untuk segera menindaklanjuti.

“Makanya dari DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) saya minta segera didata yang akan kedaluwarsa sampai akhir bulan ini ada berapa. Jadi nanti bisa dikomunikasikan untuk dikirim ke kabupaten lain atau kembali diserahkan ke provinsi,” tandas Hartopo.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER