31 C
Kudus
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_img
BerandaWisataInilah 5 Destinasi...

Inilah 5 Destinasi Wisata Alam di Kudus yang Bisa Jadi Referensi Libur Akhir Pekan

BETANEWS.ID, KUDUS – Akhir pekan waktu yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Sebagai Kota Kretek, Kudus tidak hanya dikenal sebagai kota Industri atau kota religi. Kudus juga menyimpan banyak destinasi wisata alam yang layak untuk menjadi referensi. Berikut ini lima destinasi wisata alam di Kudus yang layak untuk dikunjungi.

Wisata Cengkir Manis

Wisata Cengkir Manis berada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupten Kudus. Jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota, hanya butuh kurang dari satu jam dari Alun-alun Kudus untuk mencapai ke lokasi wisata.

Tak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya, wisata Cengkir Manis menawarkan berbagai wahana yang seru. Wahana tersebut di antaranya flying fox dan river tubing.

- Ads Banner -

Wisata river tubing itu mengambil start dari jembatan pelangi dan akan melewati medan sepanjang 2,3 kilometer. Waktu tempuhnya diperkirakan sekitar satu jam. Berbagai medan yang dilalui itu ada yang ekstrem, setengah ekstrem, dan menyenangkan.

Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan mendapat suguhan hijaunya alam di sekitar wisata tersebut. Pemandu yang menjalankan kemudi juga siap menjelaskan berbagai hal yang ada di sepanjang perjalanan.

Wisata Bukit Sepuser

Wisata Bukit Sepuser terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Jaraknya tak begitu jauh dari makam Sunan Muria. Wisata Bukit Sepuser menawarkan panorama keindahan alam pegunungan. Pengunjung juga bisa melihat keindahaan Kota Kudus dari ketinggian.

Selain bisa menikmati pemandangan, wisata Bukit Sepuser juga dikenal sebagai tempat para pecinta alam untuk berkemah. Memang, pemandangan Kota Kudus akan lebih indah dinikmati saat malam hari. Kudus tampak bermandi cahaya saat dilihat dari Bukit Sepuser ini.

Di lokasi wisata tersebut, pengelola menyediakan lahat sekitar 3 hektare yang diperkirakan bisa menampung 300 tenda. Selain itu, pengelola juga menyiapkan toilet dan aula yang bisa diakses pengunjung yang datang.

Wisata Waduk Logung

Wisata Waduk Logung terletak di wilayah timur Kabupaten Kudus, tepatnya di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe. Lokasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis, berupa bangunan bendungan besar yang dikelilingi perbukitan.

Di Waduk Logung, pengunjung tak hanya bisa melihat keindahan alam berupa perbukitan yang mengelilingi waduk. Pengunjung bisa menikmati wisata air dengan menyewa perahu wisata yang telah tersedia di sejumlah titik.

Untuk bisa menikmati keindahan air waduk yang jernih itu, pengunjung dikenakan tarif Rp 15 ribu untuk 30 menit mengusuri waduk. Di sana, wisatawan bisa berfoto dengan larar belakang air waduk dan keindahan perbukitan.

Wisata Alam Ternadi

Destinasi wisata alam ini terletak di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Keindahan alam memang jadi daya tarik utama satu di antara destinasi wisata di Kudus ini. Banyak spot-spot foto yang mengagumkan dan sayang jika tidak diabadikan.

Sejak tiba di gerbang masuk, wisatawan akan dimanjakan panorama alam yang masih asri. Pemandangan pertama yang terlihat adalah bumi perkemahan dan taman Wanawisata Ternadi.

Para wisatawan kemudian akan menempuh jalan tanjakan sekitar 3 kilometer untuk menuju objek wisata utama. Sesampai di lokasi, pengunjung akan disuguhi gardu pandang yang jadi spot favorit pengunjung. Wanawisata ini tidak pernah membosankan untuk dikunjungi.

Wisata Bukit Puser Angin

Destinasi Wisata Bukit Puser Angin terletak di Dukuh Karangsubur, Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Tempat wisata yang dijuluki Raja Ampat-nya Kudus ini pernah viral di awal tahun 2020. Seperti julukannya, destinasi wisata ini menyuguhkan panorama danau besar yang di tengahnya terdapat bukit, mirip seperti Raja Ampat di Papua.

Lokasi wisata ini  berjarak sekitar 4 kilometer dari pemukiman warga. Saat perjalanan menuju ke Bukit Puser Angin, mata para pengunjung sudah dimanjakan pemandangan yang indah. Kanan dan kiri jalan, pengunjung bisa menyaksikan hamparan ladang milik penduduk. Ada pula penamdangan tebing-tebing yang indah.

Sesampai di Bukit Puser Angin, langsung disambut kebesaran Tuhan yang begitu indah. Bukit yang berada di atas Bendungan Logung itu, kita bisa melihat bendungan dari atas. Melihat airnya yang biru, pemandangan rimbunnya hutan serta bukit di tengah Bendungan Logung itulah yang membuat keindahan alam Bukit Puser Angin serasa di Raja Ampat Papua.

Editor: Suwoko

Lipsus 12 - Banjir Abadi di Wilayah Bekas Selat Muria (Kudus dan Pati)

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,340PengikutMengikuti
75,048PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler