31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaSOLOGibran Mainkan Otok-Otok...

Gibran Mainkan Otok-Otok di Festival Bocah Dolanan 2021

BETANEWS.ID, SOLO – Sebagai bentuk upaya melestarikan permainan tradisional, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyelenggarakan kegiatan Festival Bocah Dolanan 2021. Acara tersebut diikuti oleh 10 sanggar yang akan menampilkan berbagai permainan zaman dulu.

Adapum festival tersebut diselenggarakan di Rumah Kebudayaan Ndalem Djojokoesoeman selama dua hari mulai hari ini, Sabtu (27/11/2021) hingga Minggu (28/11/2021).

Beberapa anak memainkan dolanan tradisional di Festival Dolanan Bocah. Foto: Khalim Mahfur.

Peserta yang terdiri dari anak-anak itu menampilkan koreografi permainan tradisional, khususnya permainan Jawa. Mulai dari permainan egrang, cublak-cublak suweng, dan masih banyak lagi.

- Ads Banner -

Baca juga: Solo Jadi Pilot Project Wellness City di Indonesia

Pembukaan Festival Bocah Dolanan 2021 ditandai dengan membunyikan mainan Otok-Otok (Puteran) oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Agus Santoso, serta Kepala Bidang Kesenian Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Suhanto.

Ditemui di sela-sela acara, Gibran sangat mengapresiasi festival ini. Meski masih dalam masa pandemi, Gibran menyebut event-event yang melibatkan anak-anak harus digelar juga. Terlebih saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga sudah berlangsung.

“Ya di tengah pandemi anak-anak juga sudah mulai PTM tapi event-event yang melibatkan anak-anak harus digelar juga. Contohnya ini, Ada 10 sanggar yang berpartisipasi,” kata Gibran.

Baca juga: Gibran Larang Pelajar Masuk Mal, Imbas Dapati Banyak yang Keluyuran Usai PTM

Gibran berharap agar acara Festival Bocah Dolanan dapat terus berlangsung. Menurutnya, kegiatan semacam ini adalah sarana untuk mengenalkan budaya kepada anak-anak zaman sekarang.

“Yang seperti ini jangan sampai tersingkirkan. Yang seperti ini harus dilestarikan. Ini salah satu cara untuk mengenalkan budaya ke anak-anak dengan cara yang paling simpel, yaitu bermain,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler