31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaSOLOGibran Puji Andil...

Gibran Puji Andil Kiai dan Santri dalam Kesuksesan Vaksinasi di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memimpin langsung upacara Peringatan Hari Santri Nasional, di Halaman Balai Kota Solo, Jumat, (22/10/2021) pagi. Ia tampak mengenakan sarung batik yang dipadupadankan dengan baju berwarna putih serta dilengkapi dengan peci hitam.

Mengikuti upacara dengan mengenakan sarung, Gibran mengaku biasa saja. Pasalnya, baju yang dikenakan dalam upacara tersebut memang menyesuaikan dengan pakaian yang dikenakan di pesantren.

“Iya, dress codenya memang sarung. Sama aja, dulu pakai beskap ya sama aja, wes biasa,” kata Gibran.

- Ads Banner -

Baca juga: Hari Santri, Ganjar dan ASN Pemprov Jateng Kompak Ngantor Sarungan

Diketahui, upacara tersebut diikuti oleh para santri yang merupakan perwakilan dari seluruh pondok pesantren se-Kota Solo. Dengan mengangkat tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ Gibran mengaku sangat relevan, terlebih pada masa pandemi saat ini.

“Kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan. Hal ini juga perlu diperhatikan oleh masyarakat pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan Bangsa Indonesia. Terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” tutur Gibran.

Menurut Gibran, pondok pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 meski dengan berbagai keterbatasan. Untuk itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada beberapa pesantren di Kota Solo karena berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19.

“Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian yang selama ini diajarkan oleh para pimpinan pesantren (kiai/nyai) kepada santri-santrinya. Tidak lupa pula bahwa keteladanan mereka berkontribusi untuk mendorong para santri bersedia mengikuti kegiatan vaksinasi yang sedang diprogramkan oleh pemerintah,” kata dia.

Baca juga: Peringati Hari Santri, Hartopo: ‘Santri Akan Diberdayakan Lewat Dinsos dan Kabag Kesra’

Gibran berharap, dengan vaksinasi yang diikuti oleh para santri dapat menjadi suatu bentuk ikhtiar untuk melanjutkan perjuangan pendahulu, khususnya dari kalangan ulama.

Di samping itu, lantaran Kota Solo yang sudah berada pada PPKM Level 2 sehingga upacara peringatan hari santri dapat dilaksanakan di Balai Kota Solo. Meski dihadiri dalam jumlah terbatas, namun tidak menyurutkan semangat para santri untuk mengikuti upacara.

“Intinya satu saja, pencapaian vaksinasi yang tinggi di kota Solo ini juga merupakan andil kyai, santri yang mengajak warga Solo agar mau datang ke tempat-tempat vaksin,” tandas Gibran.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler