31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPeringati Hari Santri,...

Peringati Hari Santri, Hartopo: ‘Santri Akan Diberdayakan Lewat Dinsos dan Kabag Kesra’

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo akan berusaha memberdayakan santri di daerah yang ia pimpin. Dua organisasi perangkat daerah (OPD) ditunjuk oleh Hartopo, yaitu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pend‎uduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) dan Bagian Kesejahteraan Rakyat.

“Program pemberdayaan santri tentu ada, lewat Dinsos atau Kabag Kesra ada pengondisian di sana, lewat penganggaran-penganggaran selama ini,” ungkap Hartopo ditemui usai peringatan Hari Santri di Pendapa Kudus, Jumat (22/10/2021).

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Kabupaten Kudus merayakan Hari Santri dengan sederhana. Para tamu undangan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga tampak menganakan pakaian adat Kudus lengkap.

- Ads Banner -

Baca juga: Melihat Prosesi Tradisi Ampyang Maulid di Loram Kulon di Masa Pandemi

Dalam kesempatan itu, Hartopo mengungkapkan rasa bangganya atas diperingatinya Hari Santri. Terlebih, Kudus adalah kabupaten yang memiliki julukan Kota Santri.

“Dengan adanya ditetapkan Hari Santri ini, kita menjadi bangga sebagai kota dengan julukan Kota Santri. Karena ada dua wali, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria,” ungkap Hartopo.

Tahun ini, lanjut Hartopo, peringatan hari santri mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga. Dalam artian sebagai upaya mengenang jasa para santri, para syuhada yang telah berkorban jiwa raga untuk mempertahankan tanah air. mereka telah berperan serta dalam memerdekakan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Gelorakan Semangat Cinta Tanah Air, Ormas Petanesia Hadir di Kudus

Hartopo mengungkapkan, santri siaga jiwa raga sangat penting dan relevan di era pandemi covid-19 ini. Para santri tidak boleh lengah mentaati protokol kesehatan, demi menekan angka penyebaran kasus covid-19 dan membangkitkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi.

“Kita selalu mendorong dan mendukung, berkolaborasi dengan santri di era pandemi ini. Bagaimana kita saling support dan membantu bersinergis selama ini,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler