31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaTeknologiGanjar Kepincut Game...

Ganjar Kepincut Game Lokapala yang Karakternya Diambil dari Relief Candi Borobudur

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkesan dengan game Lokapala garapan Anantarupa Studios. Apalagi, permainan bergenre Multiple Online Battle Player (Moba) itu kental dengan sejarah di nusantara.

“Kontennya lokal, bagus banget, karakternya ada dalam sejarah indonesia,” ujar Ganjar saat bertemu CEO Anantarupa Studios, Ivan Chen sebagai developer game Lokapala, di kantornya, Rabu (27/10/2021).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat presentasi CEO Anantarupa Studios, Ivan Chen, soal game Lokapala di kantornya, Rabu (27/10/2021). Foto: Ist.

Kekaguman Ganjar semakin membuncah saat tahu beberapa karakter di game besutan Ivan Chen itu terdapat di Relief Candi Borobudur.

- Ads Banner -

“Menurut saya ini keren banget dan saya sih sepakat. Saya dukung untuk itu dimainkan dalam lomba eSports dengan karakter indonesia,” ucap Ganjar.

Baca juga: Oracle, Aplikasi Top Up Game Karya Gamers Jateng yang Diklaim Termurah

Dalam pertemuannya dengan Ivan, Ganjar juga memberikan pekerjaan rumah. Mantan anggota DPR RI itu meminta Ivan agar bisa memanfaatkan kearifan lokal di Jawa Tengah.

“Bisa nggak ya di Sangiran umpama, dibuat game tentang karakter-karakter manusia purba yang ada di sangiran? kan menarik,” kata Ganjar.

Saran lainnya, lanjut Ganjar, Ivan bisa membuat game edukatif dengan mengangkat nilai budaya bangsa Indonesia.

“Jadi perjalanan-perjalanan yang bisa dimainkan dalam game dan kemudian memberikan pesan-pesan dengan nilai-nilai keindonesiaan ternyata bagus,” katanya.

CEO Anantarupa, Ivan Chen, mengaku senang dengan respon Ganjar. Pria asal Surakarta itu berharap, dengan dukungan dari Ganjar akan membuat game Lokapala makin dikenal di Indonesia.

Baca juga: Board Game, Permainan Seru yang Sejenak Bisa Lepaskan Ketergantungan dari Gawai

“Karena lokapala juga banyak mengusung nilai-nilai budaya dan memperkenalkan banyak nilai untuk generasi muda kita, pak Gubernur mendukung sekali. Nanti tinggal teknisnya kita koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Sebagai informasi, Ivan menjelaskan game Lokapala ini merupakan game bergenre Moba. Latar belakangnya membuat game ini, adalah fakta bahwa 99 persen market game saat ini dikuasai industri asing.

Di sisi lain, lanjut Ivan, Indonesia memiliki nilai sejarah yang tinggi dan bisa dikolaborasikan dengan game tersebut. Sehingga, Lokapala tidak sekadar permainan tetapi juga alat untuk melestarikan budaya kepemimpinan yang sudah ada di Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler