31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaKulinerArgotelo, 'Surganya' Makanan...

Argotelo, ‘Surganya’ Makanan Berbahan Ketela di Salatiga

BETANEWS.ID, KUDUS – Toko Argotelo yang berada di Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga itu terlihat cukup ramai. Mereka rata-rata sedang memilih makanan yang berada di lemari pendingin, meskipun ada jug yang tampak menunggu pesanannya dibuat oleh karyawan. Di sisi lain, seorang pria terlihat sedang membantu para pembeli memilihkan makanan yang hendak dibeli. Dia adalah Toni, Owner Argotelo.

Di sela-sela kesibukannya, Toni bersedia menjelaskan usaha ketela yang dirintisnya pada 2016 lalu itu. Berawal dari potensi pertanian di kelurahannya yang mayoritas menanam ketela, ia kemudian punya ide bisnis kuliner berbahan ketela.

Salah satu menu berbahan ketelah di Argotelo Salatiga. Foto: Endah Widyastuti.

“Karena ingin mengembangkan bisnis ini, saya kemudian resign dari kerjaan. Saya ingin menambah rejo dan regengnya kampung ini,” ujar Toni (13/8/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Olahan Jamur Cincang Nan Lezat Ini Cocok Bagi Vegetarian

Saat awal berdiri, produksi Argotelo digarap sendiri. Setelah berjalan dan mulai ramai, kini Toni sudah memiliki 30 karyawan. Toni menambahkan, Argotelo menyediakan berbagai produk yang dibagi tiga, yaitu frozen, matang, dan wisata. Harganya pun beragam mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu.

Produk frozen terdapat 17 jenis makanan di antaranya, singkong keju, gemblong cotot, gemblong lumer gula jawa, mentho, kroket singkong, gethuk krispi, rolade, dan lain-lain. Produk matang merupakan versi matang dari produk frozen dengan tambahan toping. Sedangkan produk wisata merupakan produk unggulan Argotelo sekarang, yaitu Wisata Edukasi Kampung Telo yang dirintis 2020 lalu.

“Alasan didirikanya karena ramainya orang ke Salatiga hanya membeli singkong saja, sehingga menjadi peluang untuk didirikan Edukasi wisata ini,” kata dia.

Baca juga: Tak Cuma Enak, Sushi di Resto Hangiri Kudus Ini Harganya Terjangkau Banget

Edukasi wisata ini memiliki tagline Jalan-Jalan Jajan. Acara didalamnya mulai dari Cooking class pembuatan salah satu produk olahan singkong, dilanjutkan keliling kampung singkong menggunakan kereta kelinci untuk mengenalkan UMKM yang ada di kampung singkong. Setelah itu ada edukasi cara menanam singkong, dan diakhiri dengan mengunjungi salah satu wisata di Salatiga.

“Harga paket wisata edukasi untuk indovidu mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu. Sedangkan untuk rombongan berbeda lagi. Ada harga khusus,” ungkap Toni.

Untuk pembelian produk, Argotelo melayani offline dan online. Pemesanan online bisa melalui GoJek, GrabFood, Instagram di @singkongkeju_Argotelo dan Fecebook Singkong Keju Argotelo.

Penulis: Endah Widyastuti (Mahasiswa Magang IAIN Salatiga)

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler