31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaDaerahDemakJamu Coro, Minuman...

Jamu Coro, Minuman Khas Demak Ini Laris Manis Saat Pandemi

BETANEWS.ID, DEMAK – Bagi warga Demak, tentu sudah tak asing dengan jamu coro. Wedang atau yang lebih mirip bubur ini, konon sudah ada sejak zaman Kasultanan Bintoro.

Jamu coro, dipercaya mempunyai kasiat untuk kesehatan tubuh. Minuman khas ini, mempunyai resep rahasia yang diturunkan secara turun-temurun. Selain terdapat bubur, jamu coro juga dibumbui dengan 15 rempah-rempah pilihan.

Baca juga : Dipercaya Sembuhkan Covid-19, Omzet Penjualan Kelapa Bakar Rempah Ini Jutaan Sehari

- Ads Banner -

Salah satu penjual Jamu Coro, Musyarofah (41) mengatakan, jika dia mendapatkan resep jamu coro dari mertuanya. Saat ini, usaha jamu coro tersebut dia teruskan. Bahkan, sudah mempunyai pelanggan yang cukup banyak.

“Ini resepnya dari mertua saya, turun-temurun,” jelasnya saat ditemui di Desa Grogol, Karangtengah, Kabupaten Demak, Rabu (28/7/2021).

Wanita yang berasal dari Desa Rejosari, Demak itu, mengaku penjualannya laris semenjak adanya pandemi. Bahkan, setiap hari, jamu coro yang dia jual menggunakan sepeda motor itu selalu habis.

“Selalu habis ini jamu coro, tak pernah tersisa,” ucapnya.

Dalam satu hari, dia bisa menjual ratusan bungkus yang dia jual ke beberpa desa, seperti Grogol, Karangjati dan Kedung. Dia jualan mulai jam 7 pagi dan jam 10 siang jamu coro selalau habis.

“Saya jualan itu hanya sebentar, jam 10 siang itu saya sudah sampai rumah lagi,” imbuhnya.

Bahkan, ketika angka Covid-19 di Kabupaten Demak naik, dia dapat pesanan yang cukup banyak. Saat itu, dia sampai harus mengantar jamu coro langsung ke beberapa rumah karena banyaknya pesanan.

“Pas banyak yang sakit itu (Covid-19) tinggal ngantar ke rumah, namun jahe dan serainya saya tambah,” katanya.

Jamu coro yang dia jual mempunya beberapa varian harga, mulai dari yang paling murah Rp 1 ribu hingga yang paling mahal Rp 5 ribu. Meski demikian, dia juga menyesuaikan jika ada yang membeli dengan varian harga yang lain.

Baca juga : Kaya Manfaat Kesehatan, Kunir Asem Fresoku Ini Banyak Peminatnya

“Kadang itu ada yang membeli Rp 5 ribu dapat dua,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, yang menjadi ciri khas jamu coro ada pada rempah-rempahnya. Jamu coro dibumbui dengan 15 rempah-rempah pilihan seperti ahe, kayu manis, serai,santan kelapa, gula merah.

“Hal inilah yang mmbuat jamu coro memiliki rasa sedikit pedas, manis, dan menyegarkan badan,” katanya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler