31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Tak Lagi Tangani Wajib Pajak Kakap, Target Penerimaan Pajak KKP Pratama Kudus Tergerus

BETANEWS.ID, KUDUS – Target penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus tahun 2021 berubah. Dari yang semula Rp 2,3 turun jadi Rp 1,2 triliun. Hal tersebut dikarenakan, para wajib pajak besar di Kudus dikelola oleh KPP Madya 2 Semarang.

Kepala KPP Pratama Kudus Muhammad Andi Setijo Nugroho menuturkan, saat ini di Semarang ada penambahan satu KPP, yakni KPP Madya 2 Semarang. Sehingga wajib pajak besar sejak tanggal 23 Mei 2021 tak lagi dikelola oleh KPP Pratama Kudus, tapi dikelola KPP Madya 2 Semarang.

“Karena ada pemindahan pengelolaan wajib pajak besar itulah, target penerimaan pajak di KPP Pratama Kudus tahun ini turun. Tidak lagi Rp 2,3 triliun tapi Rp 1,2 triliun,” ujar pria yang akrab disapa Andi kepada Betanews, Rabu (14/7/2021).

-Advertisement-

Baca juga : KPP Pratama Kudus Banjir Prestasi di Hari Pajak Nasional ke-76

Andi mengungkapkan, pemindahaan kelola wajib pajak besar tidak hanya di Kudus saja, tapi juga berlaku seluruh wilayah Jawa Tengah 1. Di antaranya, Jepara, Pati, Blora dan lainnya. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari reorganisasi institusi pajak.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, di Kabupaten Kudus ratusan wajib pajak besar menuju sedang yang pengelolaannya pindah ke KPP Madya Dua Semarang. Sedangkan KPP Pratama Kudus nantinya mengelola wajib pajak sedang menuju kecil.

“Total di Kudus itu ada sekitar 400 wajib pajak besar yang pindah ke Semarang, dan dikelola oleh KPP Madya 2 Semarang,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, tidak ada permasalahan wajib pajak besar dipindah pengelolaan ke KPP Madya 2 Semarang. Sebab KPP merupakan intitusi pusat bukan derah. Sehingga pundi – pundi negara itu yang lebih penting. Di mana pun wajib bayar pajak, masuknya tetap ke kas Negara.

“Namun, tentunya sebagai kepala kantor dan pegawai pajak di Kudus ini ingin tetap berprestasi, makanya ada penyesuaian target penerimaan pajak itu tadi,” ujarnya.

Hal tersebut kata dia, akan jadi tantangan bagi KPP Pratama Kudus. Pihaknya akan menyisir lebih detail wajib pajak sedang serta kecil untuk dibina. Agar patuh bayar pajak, pembinaan dilakukan langkah – langkah persuasif dan tidak arogan.

Baca juga : Luar Biasa, Capaian Pajak KPP Pratama Kudus Tahun 2020 Tembus Rp 2 Triliun Lebih

“Pegawa pajak arogan itu tidak ada. Pelayanan tetap harus yang terbaik,” tandasnya.

Andi mengatakan, dari target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun, hingga Rabu (14/7/2021) penerimaan pajak KPP Pratama Kudus sudah mencapai Rp 1,1 triliun. Menurutnya, realisasi tersebut berasal dari pengawasan pembayaran masa, pelaporan surat pemberitauan tahunan (SPT), penagihan dan lainnya.

“Dengan pencapaian itu, saya kira sudah bagus ya, sebab Rp 1,1 triliun itu sudah bersih. Dan kami pun akan berusaha agar target penerimaan pajak Rp 1,2 triliun bisa tercapai di Bulan Desember 2021,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER