31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Presiden Jokowi Sumbang 2 Sapi ke Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran

BETANEWS.ID, SOLO – Presiden RI Joko Widodo mengirimkan 2 buah sapi di Solo. Sapi tersebut diserahkan secar resmi oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa kepada dua masjid, yakni Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Rabu (21/7/2021).

Menurut Teguh, setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo selalu mengirim dua ekor hewan kurban ke kota Solo.

“Ke masjid Agung yang punyanya Kasunanan dan masjid Al-Wustho yang Kagungan nDalem Mangkunegaran. Ini dari beliau awal menjadi Preidsen memang tiap tahun beliau menyerahkan sapi,” kata dia.

-Advertisement-

Takmir Masjid Agung Surakarta, Muhtarom menambahkan, hingga saat ini sudah ada lima sapi yang salah satunya merupakan sumbangan dari Presiden Jokowi. Selain itu juga ada lima kambing.

Baca juga: Masjid Agung Solo Tak Gelar Salat Id, Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Pada Hari Tasyrik

“Kalau untuk penyembelihan melibatkan penjagal sapi ada tiga orang khusus menangani sapi. Butuh profesi khusus yang tidak dimiliki masyarakat umum,” katanya.

Menurut Muhtarom, sapi dari Jokowi yang mempunyai bobot lebih dari 800 kilogram tersebut jika disembelih akan menyusut menjadi 60 hingga 70 persen saja yang dapat dibagikan. Diperkirakannya sekitar 500 kilogram.

Secara umum, daging-daging tersebut akan dibagikan kepada warga yang berhak menerima serta sudah terdaftar di panitia. Jika ada kelebihan logistik daging, Muhtarom mengatakan daging tersebut akan dibagikan kepada daerah-daerah binaan yang sudah terkoneksi dengan Masjid Agung.

“Daging itu akan dibagikan ke wilayah sudah koordinaai dengan wilayah Kauman. Koordinasi dengan panitia dulu nanti ada subsidi silang. Kalau kauman tercukupi baru dibagikan diluar,” ucapnya.

Baca juga: Pemkot Solo Distribusikan Bantuan 200 Tabung Oksigen ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Muhtarom menambahkan, pembagian hewan kurban dilakukan secara langsung oleh panitia dengan mendatangi rumah penerima. Sehingga pada tahun ini tidak ada pembagian kurban secara langsung di masjid.

“Pembagian data sudah ada tinggal panitia membagikan ke yang berhak. Diutamakan yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Dalam penyembelihan hewan kurban tersebut, Muhtarom mengatakan panitia berasal dari santri pondok pesantren Tahfidz Wa-Ta’limil Qur’an serta masyarakat sekitar masjid. Serta untuk mengemas daging, panitia menggunakan plastik khusus mudah terurai.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER