31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kudus Takut Kena Corona,...

Takut Kena Corona, Warga Jati Ogah Ngungsi Meski Banjir Rendam Rumah

BETANEWS.ID, KUDUS  – Aula Balai Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, terlihat sepi, Rabu (20/1/2021). Hanya ada seorang petugas kebersihan yang sedang membersihan tempat tersebut. Padahal, sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta aparat desa mempersiapkan tempat itu untuk dijadikan tempat pengungsian warga terdampak banjir.

Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno menjelaskan, banjir yang melanda desanya sejak Selasa (19/1/2021) telah merendam 167 rumah yang ditempati 201 Kepala Keluarga dengan total 579 jiwa. Bahkan hari ini, ketinggian air terus naik di kisaran 15 sampai dengan 70 sentimeter.

Seorang warga melintasi banjir yang melanda Desa Jati Wetan Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Rabu (20/1/2021). Foto: Nila Rustiyani.

“Ini terus naik. Sekarang naik 20 sentimeter dari hari sebelumnya,” ungkap Suyitno kepada betanews.id.

- Ads Banner -

Baca juga: Mejobo Banjir Lagi, Warga Jengah Rumahnya Selalu Terendam Saat Curah Hujan Tinggi

Menurutnya, adanya banjir itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Kudus beberapa hari terakhir. “Bukan karena air limpasan sungai, murni karena hujan,” beber Suyitno.

Meskipun banjir menggenangi hampir seluruh desanya, Suyitno belum menerima satu pun pengungsi yang datang ke tempat yang sudah ia dan timnya siapkan. Warga lebih memilih untuk tetap bertahan di rumah masing-masing.

Menurut salah seorang warga, Muslikhah (60) mengaku memilih tetap tinggal di rumah yang kebanjiran karena takut tertular Covid-19 di pengungsian. Biasanya ada para tetangganya yang rumahnya kebanjiran sampai setinggi paha orang dewasa mengungsi. Namun, untuk tahun ini, di mana Covid-19 masih merebak, banyak di antara warga yang enggan untuk mengungsi.

“Takut kalau nanti tertular, kan nanti kumpul jadi satu. Udah kebanjiran, ada covid, nggak boleh dijenguk juga,” kata warga RT 5 RW 3 itu.

Baca juga: Sungai Dawe dan Piji Meluap, Ratusan Rumah di Temulus Dilanda Banjir

Meski tidak mengungsi, ia sudah menyiapkan beberapa hal agar rumahnya tetap bisa ditinggali dengan nyaman. Termasuk mengamankan barang-barangnya agar tidak terendam banjir dan rusak.

“Kalau pas hujan deras banget, bisa sampai banjir dan masuk rumah. Itu sudah biasa. Jadi ya tetap di rumah saja, tidur di atas dipan, ya seadanya,” tuntasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler