31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUSNormalisasi Sungai Wulan...

Normalisasi Sungai Wulan Terkendala Lahan, Hartopo Berharap Warga Sudi Hibahkan Tanah

BETANEWS.ID, KUDUS – Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi Kapolres Kudus, Dandim 0722/Kudus, BPBD Kudus, dan perwakilan BBWS Pemali Juana meninjau penambalan tanggul Sungai Gelis yang jebol, Senin (4/1/2020).

Dalam kunjungan itu, Hartopo memberitahukan jika proses normalisasi sungai tersebut masih terkendala pembebasan lahan milik warga. Menurutnya, Sungai Gelis saat ini sudah tidak standar dan harus segera dinormalisasi.

Penambalan tanggul sungai terus dikebut untuk antisipasi adanya banjir susulan. Foto: Rabu Sipan.

“Namun sayangnya, selain proses penambalan tanggul yang jebol mengalami kendala. Normalisasi Sungai Gelis juga terdapat kendala, yakni pembebasan lahan warga yang terdapat di bantaran sungai,” ujar Hartopo kepada awak media.

- Ads Banner -

Baca juga: Cek Penambalan Tanggul Sungai, Hartopo: ‘Kalau Bisa Hari Ini Selesai Agar Tak Banjir Lagi’

Dia menambahkan, pembebasan lahan milik warga yang berada di bantaran sungai tersebut tidak menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, melainkan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Kudus. Makanya, saat ini pihaknya berusaha untuk mengumpulkan data terkait luas lahan yang menjadi milik warga.

“Ini kami lagi berusaha mengumpulkan data tanah dan pemiliknya. Barangkali bisa ditawarkan untuk warga supaya sudi menghibahkan tanahnya, agar Sungai Gelis bisa dinormalisasi,” ungkapnya.

Tetapi bila pemilik tanah tersebut tidak bersedia menghibahkan tanahnya, lanjut Hartopo, Pemerintah Kabupaten Kudus pun akan berusaha cari cara lain. Barangkali ada anggaran dana dari daerah untuk pembebasan lahan tersebut. Sehingga normalisasi sungai bisa dilakukan secepatnya.

“Semoga saja warga mau menghibahkan tanahnya untuk normalisasi sungai. Tapi kalau tidak, barang kali nanti ada anggaran daerah nanti insyaAllah bisa dilaksakan normalisasi Sungai Gelis,” harapnya.

Baca juga: Banjiri Pemukiman, Tanggul Sungai Wulan yang Jebol Ternyata Disebabkan Lubang Tikus

Dia mengatakan, normalisasi dan penguatan tanggul Sungai Gelis adalah solusi wajib. Sebab selain itu, saat ini banyak titik tanggul yang rawan jebol. Jika tidak, bencana tanggul jebol dan banjir akan terulang terus.

“Solusinya ya normalisasi sungai. Sebab sungai sudah dangkal dan banyak titik tanggul yang rawan jebol. Kalau dibiarkan, ya akan terjadi lagi tanggul jebol dan banjir,” tutup Haropo

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler