31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kudus Cara Mudah Lapor...

Cara Mudah Lapor SPT Tahunan untuk Karyawan dengan Penghasilan di Bawah Rp 60 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Formulir 1770 SS digunakan dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bagi Wajib Pajak pribadi, baik karyawan swasta maupun pegawai negeri yang memiliki penghasilan bruto di bawah Rp 60 juta per tahun. Formulir ini memiliki struktur dan bentuk yang paling sederhana. Secara pengisian pun terbilang mudah.

Menurut Account Representative Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama, Muhammad Arif (33), Wajib Pajak hanya perlu memindahkan data yang sudah ada dalam bukti potong 1721-A1 maupun 1721-A2 ke dalam formulir 1770 SS melalui e-Filing. Kemudian mengisikan daftar harta atau kewajiban hingga akhir tahun tanpa perlu perincian.

Baca juga : KPP Pratama Kudus Imbau Wajib Pajak Agar Segera Lapor SPT Tahunan Secara Online

- Ads Banner -

“Hal pertama yang harus disiapkan adalah bukti potong di mana tempat kita bekerja. Pertama kita login dulu djponline.pajak.go.id, pilih menu lapor dan klik e-filing, kemudian buat SPT. Nanti akan muncul sejumlah pertanyaan terkait dengan status,” jelasnya, Kamis 21/1/2020).

Kemudian, isi data formulir, isi tahun pajak dan pilih status SPT normal. Pembetulan hanya dipilih jika ada kesalahan saat mengisi SPT tahunan sebelumnya. Kemudian pilih langkah selanjutnya.

“Sistem akan mendeteksi secara otomatis apabila ada data pembayaran pajak dari pihak ketiga. Gunakan data tersebut untuk pengisian SPT, kemudian tekan iya,” lanjutnya.

Bagian A, isi penghasilan bruto, isi jumlah pengurangan, kemudian pilih penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Sistem akan menghitung secara otomatis jumlah pajaknya. Langkah selanjutnya, isikan PPh yang telah dipotong oleh perusahaan. Nanti akan diketahui status SPTnya, nihil, kurang bayar atau lebih bayar.

“Jika SPTnya nihil, bisa dilanjutkan pada poin B. Kalau kurang bayar nanti akan ada pertanyaan lanjutan, tetapi jika belum membayar pilih belum dan akan diarahkan untuk membuat e-billing terlebih dahulu,” kata bapak dua anak itu.

Setelah membayar isikan data bukti pembayaran, nomor transaksi pembayaran, lalu isi tanggal dan jumlah pembayaran. Apabila status SPT 1770 SS lebih bayar, maka akan dialihkan ke formulir SPT Tahunan 1770 S atau SPT Tahunan 1770.

Baca juga : KPP Pratama Kudus Besok Mulai Gelar Kelas Pajak Online, Begini Cara Daftarnya

Pada poin B, isikan data penghasilan yang dikenakan PPh final maupun penghasilan yang dikecualikan dari objek pajak. Dan pada poin C, isikan nominal harta dan utang. Langkah terakhir adalah mengambil kode verifikasi, secara otomatis kode verifikasi akan dikirim melalui email.

“Lalu masukkan kode tersebut dan pilih kirim SPT. Apabila sukses, maka Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT akan dikirim ke inbox email. Untuk pelaporan SPT Tahunan orang pribadi tahun pajak 2020 paling lambat tanggal 31 Maret 2021,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler