31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Wisata Wisata Baru di...

Wisata Baru di Kudus, Indahnya Bukit Sepuser Siap Sambut Tahun Baru 2021

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria mengenakan topi hitam tampak berselfi di sebuah bukit yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Pria itu adalah Much Rindho (42), satu di antara sejumlah pengelola wisata Bukit Sepuser. Ia berbagi informasi kepada betanews.id tentang perkembangan pembangunan wisata tersebut. Menurutnya, hingga saat ini proses pembangunan sudah berjalan mendekati 80 persen.

Rindho sapaan akrabnya membeberkan, bahwa pihaknya berencana melaunching tempat wisata tersebut pada Januari 2021 mendatang. Meski begitu, ia belum bisa memastikan, karena dalam proses pembanguan mengalami kendala cuaca.

Lokasi wisata Bukit Sepuser di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus. Foto: Ahmad Rosyidi

Baca juga : Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

Tingginya curah hujan disertai angin beberapa pekan terakhir, membuat pekerjaan dihentikan kurang lebih sekitar tiga pekan. Sehingga, berpengaruh pada proses pembangunan dan diperkirakan mundur dari waktu yang ditargetkan.

“Kalau rencana kami launching Januari 2021. Paling ya membuat acara launching sederhana, mengingat masih pandemi. Semoga proses pembangunannya lancar dan bisa kami buka di bulan Januari 2021,” katanya, Sabtu (19/12/2020).

Nantinya, wisata Bukit Sepuser akan menyediakan lokasi untuk perkemahan. Selain itu juga menyediakan lokasi-lokasi berfoto dengan pemandangan yang indah. Terutama saat malam hari, kelap-kelip lampu Kota Kretek akan tampak dari bukit itu.

“Di tanah seluar 3 hektare ini, rencana kami maksimalkan untuk wisata perkemahan. Mungkin muat sekitar 300 tenda kalau sudah jadi. Kami juga akan menyajikan pemandangan yang indah dari gardu pandang di bukit ini. Terutama malam hari akan terlihat lampu kota,” terangnya.

Selain gardu pandang, di sana juga tersedia aula tempat pertemuan. Aula tersebut dibuat untuk memfasilitasi rombongan yang ingin membuat acara di sana. Tempat ibadah seperti mushala juga sudah disediakan.

“Untuk kebutuhan buang air, juga kami sudah menyediakan empat toilet. Rencana akan kami tambah lagi nanti jika area atas sudah dibersihkan. Ini ke atas masih cukup luas,” katanya sambil menunjuk area bukit yang masih penuh dengan rumput.

Baca juga : Adanya Wifi Gratis Bikin Berwisata di Kudus Makin Asyik

Ridho menambahakan, nama Bukit Sepuser dikarenakan adanya petilasan dari Mbah Ronggo Kusumo yang akrab disapa warga Mbah Sepuser. Dengan adanya petilasan tersebut, rencana juga bisa dimanfaatkan untuk wisata religi selain di makam Sunan Muria.

“Yang dinamakan Bukit Sepuser ya ini, karena ada petilasan Mbah Ronggo Kusumo, tapi kalau warga biasanya memanggil Mbah Sepuser. Rencana juga bisa menjadi wisata religi, karena ada petilasannya juga,” tambahnya sambil menunjukan petilasan Mbah Ronggo Kusumo.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler