31 C
Kudus
Kamis, Januari 21, 2021
Beranda Wisata Adanya Wifi Gratis...

Adanya Wifi Gratis Bikin Berwisata di Kudus Makin Asyik

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus memberikan fasilitas tambahan berupa wifi gratis kepada para pengunjung. Penambahan fasilitas tersebut dilakukan agar semakin menarik pengunjung di berbagai destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Kepala Disbudpar Kudus Bergas Catursasi Penanggungan menuturkan, fasilitas wifi gratis sudah terpasang sejak satu pekan yang lalu. Menurutnya, masyarakat bisa menikmati wifi gratis mulai Senin (14/9/2020) kemarin.

Seorang warga sedang menikmati fasilitas wifi gratis yang ada di Taman Krida. Foto: Imam Arwindra.

“Ini sudah bisa digunakan. Coba login terus langsung dicek. Pasti mantap,” tuturnya saat ditemui di Taman Krida, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Pulihkan Wisata Kudus, Begini Upaya Kemenparekraf

Bergas menjelaskan, untuk sementara ini lokasi wisata yang sudah terpasang wifi gratis yakni Taman Krida, Museum Kretek, dan Taman Ria Colo. Nantinya, pihak Disbudpar juga akan memasang di Taman Budaya, Tugu Indentitas, dan Museum Patiayam.

“Wifi itu sudah masuk dalam tiket. Tiketnya tidak berubah. Masih sesuai Perda (Peraturan Daerah),” jelasnya.

Dia menjelaskan, sesaui dengan Perda, tiket masuk untuk hari biasa yakni Rp 2 ribu. Sedangkan pada hari libur yakni Rp 3 ribu.

“Jadi nanti tetap dapat blangko tiket dan user ID plus pasword untuk Wifi,” tutur Bergas.

Secara teknis, wisatawan akan membayar tiket dan petugas akan memberikan user ID dan pasword. Selanjutnya, pengunjung bisa login dan menikmati jaringan Wifi mencapai 1 Mbps. Namun, pengunjung hanya dibatasi hingga delapan jam saja.

Baca juga: Mengenal Kudus Lebih Dekat Lewat Museum Jenang

“Satu orang pengunjung dapat satu internet protocol (IP) Jadi sudah diletakkan 1 Mbps per orang. Jadi kecepatan akan stabil. Tidak tarik menarik,” jelasnya.

Dikatakan Bergas, saat ini setiap lokasi sementara hanya bisa diakses sejumlah 500 orang pengguna saja. Nantinya, jika dirasa membludak, pihaknya tentu akan menambah kapasitas pengguna.

“Ini juga bisa digunakan siswa untuk belajar online. Tentu dengan beli tiket masuk,” tandas Bergas.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler