31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Untung Menggiurkan dari Jasa Cuci Sepatu, Shoescareku.id Bisa Terima 100 Pasang Sebulan

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria berkaus garis-garis terlihat sedang menyikat sol sepatu di sebuah toko, Jalan Suryo Kusumo, Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Di dekatnya, deretan sepatu-sepatu yang udah bersih tertata dalam sebuah rak, menunggu diambil oleh sang empunya. Pria tersebut adalah Bachtiar Kurniawan (23), pemilik tempat pencucian sepatu Shoescareku.id.

Di sela-sela pekerjaannya itu, Bachtiar akan bercerita soal usaha pencucian sepatu yang kini sudah punya banyak pelanggan setia dari berbagai daerah di Eks Karesidenan Pati itu. Pelangganya itu meliputi Kudus, Pati, Demak, Puwodadi, Rembang, dan yang paling sering dari Jepara.

Bachtiar menunjukkan sepatu yang sudah siap diambil pelangganya di Shoescareku.id. Foto: Rabu Sipan.

Untuk area Kudus, pria lulusan Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus tersebut menawarkan jasa antar jemput dengan minimal dua pasang sepatu. Dalam sebulan, dirinya dapat menerima 90 hingga 100 pasang sepatu untuk dipercantik olehnya.

-Advertisement-

Baca juga: Mudahnya Cuci Pakaian di Yun Laundry yang Punya Fasilitas Antar Jemput

“Untuk yang area luar Kudus, biasanya kita COD. Bisa juga didropshipper. Seperti di Jepara, ada yang titip ke toko kakak saya di sana, trus pas di Kudus, baru dikasih ke saya. Dan kadang ada yang langsung dikirim ke sini, ” jelas pria yang tinggal bersebalahan dengan tokonya itu, Rabu (23/12/2020).

Perawatan yang ditawarkan Bachtiar di Shoescareku.id cukup bervariasi. Ada Fast Clean yaitu membersihkan bagian luarnya saja, Deep Clean cuci seluruh bagian, Unyellowing hapus noda kuning di sepatu, Lether Care perawatan khusus untuk sepatu kulit, Repaint atau Recolor untuk mengecet ulang warna sepatu, dan ada pula repair untuk mereparasi ulang sepatu yang sudah rusak.

Selain perawatan sepatu, Shoescareku.id juga menawarkan jasa perawatan tas, sendal, topi, dompet, helm, dan bahkan stroller bayi.

Untuk harga, Bachtiar mematoknya mulai Rp 15 ribu untuk Fast Clean, dan yang paling mahal repair yang biayanya bisa lebih dari ratusan ribu rupiah. Sebab, prosesnya yang lama dan membutuhkan kejelian yang ekstra.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Sepatu Lukis Karya Pelajar SMA di Pati Ini Jadi Bisnis Menjanjikan

“Harga disesuaikan dengan keinginan pelanggan, paling cepat pengerjaan itu yang Fast Clean. Estimasi waktunya 1-3 jam sebab yang dibersihkan itu bagian luarnya saja. Ada yang paling lama Repaint atau Recolor bisa memakan waktu 5 hari. Sebab kalau Repaint atau Recolor bukan hanya dibersihkan semua bagian sepatu saja namun juga dicat kembali sesuai warna keinginan pelanggan,” jelas pemuda lulusan SMK Wisuda Karya tersebut.

Sejak resmi dirintis pada 2017, ribuan pasang sepatu telah ditangani oleh Bachtiar. Untuk rata-rata pendapatan bersih, dalam sebulan dirinya bisa mendapat untung Rp 2,4 juta sampai Rp 2,7 juta.

“Kalau untung kan beda-beda setiap toko cuci sepatu. Tapi kalau di Kudus ini, memang kami mematok harga lebih murah dari kota-kota besar lainnya, seperti Semarang dan Surabaya,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER